7 Jenis Penyakit Amnesia atau Daya Ingat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Amnesia ialah penyakit yang bisa berkembang secara perlahan. Amnesia merupakan penyakit yang berkaitan dengan daya ingat. Kondisi ini membuat seseorang mengalami kehilangan memori ingatan. Amnesia merupakan gangguan yang membuat seseorang tidak bisa ingat pada pengalaman yang menyangkut dirinya, baik rutinitas, kejadian yang pernah dialami dan berbagai informasi.

Apa Saja Jenis Amnesia?

  1. Amnesia Anterograde

Amnesia anterograde merupakan jenis amnesia yang membuat seseorang mengalami gangguan daya ingat, khususnya peristiwa yang berkaitan dengan masa lalu. Pengidap amnesia ini disebabkan oleh adanya peradangan pada bagian jaringan otak seseorang. Pada intinya amnesia ini berasal dari suatu penyakit. Amnesia ini juga merupakan penyakit yang mengalami keracunan alcohol sehingga terjadi penyerangan otak. Amnesia anterograde ini, pengidap hanya bisa mengingat kejadian dan peristiwa sebelum mengalami amnesia.

2. Amnesia Retrograde

Amnesia ini merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam memperoleh ingatan di masa lalu. Amnesia retrograde merupakan kondisi dimana seseorang mengidap amnesia mengalami cedera otak atau pernah menjalani operasi di area kepala, sehingga sebagian memori ingatan telah hilang. Amnesia jensi ini disebabkan oleh adanya kondisi kurangnya nutrisi tubuh dan terjadinya kerusakan otak.

3. Blackout Amnesia

Amnesia jenis ini merupakan kondisi dimana seseorang banyak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Seseorang mengalami blackout amnesia sehingga kehilangan memorinya dan dalam kondisi mabuk. Seseorang yang mengalami blackout biasanya berada dalam keadaan mabuk.

4. Transient Global Amnesia

Pengidap amnesia jenis ini biasa dialami seseorang yang mengalami hilang ingatan untuk kejadian tertentu secara total, walaupun kejadian itu baru dialaminya. Amnesia ini disebabkan karena cedera kepala karena terlalu sering melakukan aktivitas berat.

5. Amnesia Lakunar

Pengidap amnesia biasanya ditandai dengan hilangnya ingatan mengenai peristiwa yang acak. Amnesia tidak akan merusak ingatan masa lalu atau yang baru saja terjadi. Amnesia ini terjadi karena seseorang menderita kerusakan otak yang terjadi pada area limbik.

6. Amnesia Disosiatif

Amnesia ialah kondisi seseorang dimana ia tidak mampu mengingat informasi pribadi yang sangat penting. Pengidap amnesia ini biasanya membuat seseorang terus saja lupa dengan nama dan berbagai hal yang erat kaitannya dengan pengalaman pribadi. Pengidap amnesia ini membuat seseorang sering mengalami kecelakaan sehingga terjadi trauma kepala atau biasanya mengalami kondisi stres.

7. Amnesia Infanti

Amnesia ini ialah istilah lain dari seseorang yang mengalami childhood amnesia. Amnesia ini membuat orang dewasa tidak bisa mengingat berbagai macam peristiwa secara spesifik yang berada di masa kecil. Penyebabnya ialah seseorang yang mengalami reorganisasi otak dengan masuknya berbagai macam hal baru ke dalam otak untuk mereka pelajari.

Demikian informasi mengenai 7 jenis amnesia yang bisa pembaca pelajari. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here