7 Kegiatan Mengalihkan Perhatian saat Anak Belajar Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada anak usia dini yang mulai belajar berpuasa, antusiasme dan semangat mereka akan sangat kencang ketika awal hari. Tapi ketika memasuki jam-jam kritis, sekitar jam 9 ke atas rasa lapar dan haus mulai menyerang mereka.

Dengan keadaan yang haus, lapar dan tidak memiliki kegiatan yang mampu mengalihkan perhatiannya, anak akan mulai merengek untuk berbuka. Untuk itu, cobalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama anak Anda selama bulan Ramadan :

  1. Bermain bersama

Ada banyak jenis permainan yang bisa Anda mainkan bersama sang buah hati. Mulai dari bermain puzzel, susun balok, patak umpet hingga kuis seputar Ramadan. Bermain seperti ini dapat mengasah rasa sabar, teliti dan sikap mau menerima kekalahan pada anak.

  1. Menonton film

Anak-anak pasti suka kegiatan menonton film, tapi perlu diingat, Anda harus menyesuaikan tontonan dengan usia anak Anda. Pilih tontonan yang memiliki pelajaran, seperti kisah-kisah nabi dan para sahabat atau kartun anak yang sekiranya memiliki manfaat untuk ditonton.

  1. Bercerita atau berdongeng

Anak kecil mana yang tidak suka dongeng? Sebagian besar anak pasti menyukainya. Untuk mengisi waktu bersama, Anda bisa menceritakan kisah-kisah nabi atau mengarang cerita yang mengandung nilai positif untuk anak Anda. Agar kegiatan bercerita lebih seru, Anda bisa menggunakan boneka tangan sebagai karakter dalam cerita.

  1. Membuat menu buka puasa bersama

Menghabiskan waktu di dapur bersama anak Anda bukanlah hal buruk. Anda bisa mengajak anak Anda untuk membuat menu buka puasa bersama. Cobalah memasak masakan yang unik dan menarik bagi anak. Anda bisa mengkreasikan masakan dengan bentuk yang berbeda atau dengan menambahkan pewarna makanan yang aman dikonsumsi. Saat tiba waktu berbuka, jangan lupa puji masakan yang kalian buat bersama.

  1. Olahraga ringan di sore hari

Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan bersama anak Anda adalah bersepeda atau berlari kecil mengelilingi taman. Olahraga ringan ini tidak terlalu menguras tenaga, sehingga cocok untuk mengisi waktu menunggu waktu berbuka puasa.

  1. Membuat kue bersama

Untuk mengisi waktu menunggu buka puasa, Anda bisa mencoba resep kue dengan buah hati Anda. Usahakan untuk membuat kue dengan porsi yang lebih. Jadi kue bisa dibagikan untuk tetangga sekitar atau untuk dibagikan di jalanan sebagi takjil gratis. Dengan begitu, Anda juga mengajarkan arti berbagi pada anak Anda.

  1. Berbincang santai

Kegiatan yang paling mudah dilakukan bersama si kecil adalah berbincang santai. Kegiatan ini bisa dilakukan di mana saja. Beranda rumah, ruang tamu atau bahkan di kamar anak Anda. Bicarakan hal-hal seru mengenai bulan Ramadan atau hal lain. Sebagai orangtua, Anda juga harus bisa memposisikan diri sebagai teman mereka, agar mereka bisa lebih terbuka dan lebih santai menceritakan pengalaman mereka di luar rumah.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here