7 Manfaat Positif Bermain Game Bagi Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu cara untuk mengusir kebosanan adalah dengan bermain game. Untuk bermain game ada berbagai cara yaitu game tradisional, bermain game melalu play stasion atau PS, melalui laptop, tablet dan juga handphone atau smartphone anda.

Namun terkadang terlalu sering bermain game akan membuat anak menjadi kecanduan terhadap permainan. Sampai kadang membuat anak tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut yang membuat para orang tua tidak mengijinkan anaknya terlalu sering bermain game. Selain itu anak jadi melupakan tugasnya seperti belajar dan lain sebagainya.

Tetapi perlu anda ketahui, ternyata bermain game juga memiliki manfaat bagi anak. Karena sesuatu hal pasti akan ada buruknya dan baiknya, begitu juga dengan game. Manfaat positif dari game itu sendiri bagi anak adalah:

  1. Melatih kemampuan berbahasa

Semakin berkembang pesatnya persaingan global, kini semua orang dituntut agar mahir berbahasa ingris. Pada game yang berasal dari negara lain penggunaan bahasanya sudah menggunakan bahasa inggris. Oleh karena itu, game dapat menjadi sarana anak untuk melatih kemampuan bahasanya dan dengan cara yang menyenangkan.

  1. Melatih pemecahan masalah

Saat bermain game pasti akan ada permasalahan bagaimana anak memiliki cara untuk menyelesaikan permainan tersebut. Sehingga game dapat melatih anak untuk menggunakan logikannya dalam menganalisa masalah dan menentukan strategi untuk memecahkan masalah dalam permainan tersebut dan begitu juga jika dalam kehidupan nyatanya.

  1. Melatih Kemampuan Spasial

Dengan berinteraksi dengan gambar dan ruang, seorang anak dapat mengenal dan mengingat sebuah bentuk visual. Sehingga anak terasah untuk mengingat bentuk visual dan ruang dan diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Kecerdasan spasial juga berhubungan dengan pemecahan masalah.

  1. Anak lebih mengenal teknologi

Karena permainan masa kini menggunakan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun. Maka secara tidak langsung anak anda juga sedang dalam tahap mengenal sebuah kecanggihan teknologi masa kini.

  1. Meningkatkan kemampuan membaca

Ada beberapa permainan yang bertujuan untuk mengedukasi seseorang. Sehingga saat bermain game tersebut anak sekaligus belajar membaca.

  1. Melatih Kerjasama

Ada juga game yang memerlukan kerjasama antar orang dalam permainanya. Jadi saat bermain game tersebut akan melatih kemampuan kerjasama anak dalam menyelesaikan masalah dan menghindarkan anak dari sifat egois.

  1. Menstimulasi Otak

Dalam memainkan sebuah game, otak bekerja lebih keras untuk berstrategi dalam memecahkan masalah dalam sebuah permainan. Stimulasi otak ini perperan juga dalam melatih kemampuan motorik anak. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here