7 Manfaat Terong yang Mampu Atasi Kekurangan Zat Besi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa sangka jika di dalam buah terong terdapat banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Salah satunya yakni mampu mengatasi kekurangan zat besi pada tubuh, sehingga membuat seseorang tetap bersemangat meski di usia senja. Lantas apa saja manfaat-manfaat lain dari terong?

Kandungan pada buah terong

Seperti yang diketahui jika terong biasanya dimanfaatkan untuk masakan, yang dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya. Terdapat berbagai jenis terong yang biasanya dijual di pasaran. Beberapa jenis terong tersebut seperti terong belanda, terong ungu, terong bulat dan lain-lain.

Terong memiliki kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut membuat terong cukup baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja sifat antioksidan dari kandungan fitonutrien. Selain itu ada pula komponen fenol seperti caffeic dan asam klorogenik, serta flavonoid seperti nasunin.

Ahli nutrisi menyatakan bahwa komponen fenol yang terdapat pada terong memberikan khasiat sebagai antioksidan. Kandungan fenol yang predominan yakni asam klorogenik juga dipercaya sebagai antiradikal bebas. Komponen asam pada terong ini juga bermanfaat sebagai antimikroba, antikanker, anti LDL serta antiviral.

Selain kandungan asam klorogenik, komponen flavonoid yakni nasunin juga sebagai antioksidan serta pemberi proteksi membran sel tubuh terhadap pengaruh radikal bebas. Nasunin juga bermanfaat dalam mengikat zat besi di dalam tubuh, apabila terjadi kelebihan zat besi. Seperti yang diketahui jika zat besi memang baik untuk transport oksigen dan fungsi imunitas pada tubuh.

Tujuh manfaat buah terong bagi tubuh

  1. Terong mampu menyehatkan Jantung. Terong bisa menurunkan kolesterol, sekaligus menjaga kestabilan tekanan darah. Kondisi ini berdampak positif karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tubuh juga akan terhidrasi karena kandungan kalium yang terdapat pada terong.
  2. Terong mampu menjaga membran sel otak. Terong yang memiliki kandungan fitonutrien dapat menjaga membran sel sehingga terlindung dari kerusakan. Kondisi ini sangat baik untuk meningkatkan fungsi memori dalam otak.
  3. Terong mampu membantu menurunkan berat badan. Terong yang mengandung kadar air tinggi, cukup rendah kalori. Hal tersebut membuat terong sangat baik dijadikan makanan alternatif bagi yang ingin menurunkan berat badan.
  4. Terong mampu membantu pencernaan. Terong yang mengandung serat, sangat baik dalam menjaga sistem pencernaan. Hal tersebut mampu mencegah sembelit, sekaligus resiko kanker usus.
  5. Terong mampu mengontrol kadar gula darah. Terong yang kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah, cukup bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah. Terong juga dapat mengontrol penyerapan glukosa, bagi penderita diabetes tipe 2.
  6. Terong mampu membantu kulit agar bersinar. Terong yang memiliki kandungan kadar air, cukup membantu tubuh agar kulit terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin yang terdapat pada terong, juga sangat baik bagi kulit.
  7. Terong baik untuk mencegah penuaan dini. Manfaat terong berikutnya terkait dengan penampilan seseorang. Kandungan vitamin E pada terong sangat bermanfaat untuk kulit, sekaligus dapat mencegah penuaan dini. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here