7 Manfaat Tidur Siang saat Menjalankan Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Aktivitas di kampus atau sekolah menjadi lebih sedikit karena sedang dalam bulan puasa membuat anda bingung di siang hari harus melakukan apa sedangkan waktu berbuka puasa masih panjang. Tak hanya bingung, tubuh yang lemas dan mengantuk juga menjadi pertimbangan saat menjalani puasa.

Untuk menghabiskan waktu puasa tak jarang anda memilih untuk tidur. Pilihan tersebut tidak salah, sebab saat tubuh lemas yang dibutuhkan adalah istirahat. Tidur siang saat berpuasa juga bermanfaat bagi tubuh anda. Manfaat tidur siang saat berpuasa antara lain:

  1. Menambah pahala

Seringkali kita mendengar bahwa tidur siang saat puasa merupakan ibadah maka kita akan mendapatkan manfaat yaitu menambah pahala. Sebab saat seorang muslim melakukan ibadah yang akan didapatkan yaitu pahala. Tapi tidurnya juga jangan berlebihan dengan beralasan ibadah. Istirahat atau tidur secukupnya saja hingga dapat mengembalikan energi tubuh.

  1. Terhindar dari maksiat

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu oleh kaum muslim karena ibdah dibulan tersebut akan banyak sekali mendapatkan pahala. Tentunya anda tidak mau amalan puasa anda rusak karena maksiat bukan? Jadi tidur siang bisa bermanfaat untuk anda agar terhindar dari perbuatan maksiat.

  1. Tidak merasa lapar

Selain lemas, rasa lapar juga gangguan terbesar saat menjalankan puasa. Semakin siang maka rasa lapar semakin menyerang karena asupan sahur semakin berkurang. Agar anda tidak membatalkan puasa karena lapar maka tidur saja sehingga dapat membuat anda terhindar dari rasa lapar.

  1. Baik untuk sistem pencernaan

Tidur siang saat berpuasa memberikan manfaat pada sistem pencernaan antara lain dapat memberi waktu bagi sistem pencernaan untuk membersihkan diri, membantu mengeluarkan gas dalam tubuh, pencernaan stabil dan membantu proses penyerapan nutrisi menjadi lebih baik.

  1. Memperkuat ingatan anda

Para peneliti banyak yang mengungkapkan bahwa tidur siang akan meperkuat ingatan anda. Waktu tidur yang sebentar juga akan tetap memperkuat ingatan anda misalnya hanya 20 sampai 30 menit.

  1. Menurunkan tekanan darah

Bagi anda yang mengalami hipertensi, tidur siang saat puasa bisa menjadi cara efektif anda agar dapat menormalkan tekanan darah. Dengan tidur siang di bulan puasa 37% tekanan darah anda akan menurun.

  1. Pikiran jadi tenang

Tidur siang saat puasa juga akan membuat pikiran lebih tenang karena saat tidur tidak hanya tubuh yang beristirahat tapi pikiran juga ikut beristirahat dan saat bangun pikiran jadi tenang. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here