7 Penyebab Ibu hamil Kekurangan Gizi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gizi ibu hamil adalah makanan sehat dan seimbang yang harus dikonsumsi ibu selama masa kehamilannya. Keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi untuk ibu hamil dapat dilihat dari status gizi ibu.

Jika kondisi ibu dari segi fisik lemah, mudah lelah, mudah pingsan, anemia dan tidak ada kenaikan berat badan secara signifikan ini dapat menjadi tanda bahwa ibu hamil sedang dalam keadaan kritis gizi atau kekurangan asupan gizi. Penyebab ibu hamil mengalami kekurangan gizi dapat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu:

  1. Keterbatasan ekonomi, faktor ini menjadi penyebab utama kekurangan gizi pada ibu hamil. Keterbatasan inilah yang dapat membatasi ibu untuk memmbeli bahan makanan yang berkualitas baik atau tidak dapat membeli bahan makanan dengan kandungan protein yang baik.
  2. Pengetahuan gizi yang kurang dan pengetahuan ibu hamil yang salah mengenai persepsi nilai gizi dapat berpengaruh terhadap status gizi ibu hamil.
  3. Pembatasan makanan sesuai makanan yang hanya disukai, akan mempengaruhi gizi yang menurun.
  4. Selera makan berkurang atau tidak adanya nafsu makan pada ibu hamil akan sangat berpengaruh terhadap pengurangan gizi dan akan berdampak pada penurunan berat badan.
  5. Terdapat pantangan makanan pada ibu hamil karena masih kuatnya pengaruh kepercayaan di dalam keluarga.
  6. Frekuensi dan porsi makanan pada ibu hamil yang semakin berkurang.
  7. Tidak mengenal dan mengonsumsi suplemen makanan seperti tablet Fe atau tablet tambah darah, kalsium dan vitamin.

Tentunya jika ibu hamil dalam keadaan kekurangan gizi yang terus menerus maka akan membahayakan nyawa ibu dan janin. Pola makanan yang baik dan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi sangat dibutuhkan untuk kesehatan kehamilan dan mengurangi resiko bayi lahir cacat.

Apabila tidak terpenuhi maka kemungkinan resiko ibu terkena Kekurangan Energi Kronis (KEK) semakin besar dan bayi beresiko Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR). Perbaikan nutrisi menjadi penting untuk dilakukan, diperlukan pendidikan nutrisi dan perhatian serta dukungan dari keluarga. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here