7 Penyebab Munculnya Uban di Usia Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Munculnya uban pada rambut seseorang, sebenarnya merupakan suatu proses yang alami. Hanya saja yang menjadi masalah adalah jika uban tersebut muncul ketika seseorang masih menginjak masa remaja. Lantas apa yang menyebabkan munculnya uban di usia remaja?

Setiap remaja perlu menyadari berbagai perubahan yang terjadi pada dirinya. Terkait tumbuhnya uban, faktor internal dan eksternal bisa menjadi penyebab. Diantaranya adalah gaya hidup hingga kekurangan berbagai vitamin di dalam tubuh.

Bertambahnya usia berbanding lurus dengan kemampuan tubuh yang semakin menurun dalam mensintesis jumlah pigmen melanin. Pigmen melanin memiliki peran untuk memberikan warna hitam di rambut. Menurunnya kemampuan tubuh dalam mensintesis jumlah pigmen melanin, menyebabkan rambut menjadi berwarna abu-abu atau putih.

Oleh karena itu remaja harus segera menyadari faktor penyebab tumbuhnya rambut putih, sehingga bisa melakukan penanganan yang efektif. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 7 penyebab munculnya uban pada remaja.

Disebabkan penyakit tiroid

Salah satu faktor penyebab munculnya rambut putih adalah penyakit tiroid. Tiroid yang kurang atau justru terlalu aktif, bisa menyebabkan penurunan produksi melanin di rambut sehingga mengakibatkan uban prematur. Alhasil setiap remaja perlu memeriksa kadar tiroid, apabila tiba-tiba uban muncul di rambut.

Disebabkan kekurangan vitamin B12 dan Asam Folat

Defisiensi vitamin B12 mempunyai hubungan yang erat dengan munculnya uban rambut yang prematur. Vitamin B12, tembaga, serta seng memiliki peran untuk memberi makan pada rambut. Oleh sebab itu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Di sisi lain asam folat juga sangat penting bagi tubuh seseorang. Kekurangan asam folat tak hanya memperlambat pertumbuhan pada rambut, namun juga mengakibatkan rambut berubah warna menjadi abu-abu.

Disebabkan faktor genetik

Faktor lain tumbuhnya uban prematur karena faktor genetik. Apabila orang tua mengalami kelainan tersebut, maka kemungkinan besar akan diwariskan pada anaknya.

Disebabkan kurangnya vitamin C dan E

Apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin E dan C, maka rambut bisa berubah menjadi abu-abu. Kekurangan dua vitamin ini bisa mengurangi jumlah sel yang berfungsi memproduksi melanin, sehingga mengakibatkan uban di rambut.

Disebabkan merokok

Merokok rupanya menjadi salah satu faktor penyebab munculnya rambut putih pada remaja. Pasalnya merokok dapat menciptakan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas tersebut, kemudian mengakibatkan tingkat melanin menurun.

Disebabkan makanan cepat saji

Makanan cepat saji (junk food) rupanya dapat mempercepat penuaan rambut, karena mengurangi produksi melanin di dalam tubuh. Orang-orang yang kecanduan junk food,  kecenderungannya memiliki rambut beruban di usia remaja.

Disebabkan stres

Stres rupanya sangat berdampak negatif bagi kesehatan, tidak terkecuali tumbuhnya uban prematur. Segala bentuk tekanan batin bisa mengurangi jumlah sel-sel melanin, sehingga mengakibatkan rambut menjadi cepat putih. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here