7 Sumber Makanan Tinggi Protein Terbaik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Protein sangat di butuhkan oleh tubuh. Tubuh membutuhkan protein sebagai sumber energi saat beraktivitas sehari-hari. Protein juga dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki dan mempertahankan bagian-bagian sel atau tubuh yang rusak, serta untuk pembentukan masa otot.

Untuk mendapatkan protein, tubuh sebenarnya dapat memproduksi sendiri (asam amino esensial) namun hasil dari produksi tersebut tidak sepenuhnya dapat memenuhi semua kebutuhan protein tubuh. Agar tercukupi tubuh juga harus mendapatkan sumber protein dari luar. Sumber tinggi protein terbaik dari luar bisa di dapatkan dari makanan. Makanan yang tinggi protein dan bisa anda konsumsi yaitu:

  1. Seafood

Bagi anda pengemar seafood anda patut senang karena dengan mengonsumsi seafood anda akan mendapatkan protein yang tinggi karena kandungan lemaknya yang rendah.

  1. Daging merah

Daging yang termasuk daging merah adalah daging sapi (lebih bagus lagi tanpa lemak), daging kambing, daging domba dan lain-lain. Selain protein yang tinggi, daging merah juga mengandung zat besi dan zinc.

  1. Daging putih

Selain daging merah, anda juga bisa mendapatkan sumber protein tinggi dari daging putih. Yang termasuk daging putih contohnya daging ayam. Daging putih ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang menghindari daging dengan lemak tinggi (daging merah), karena protein dalam daging putih ini tanpa lemak jika anda memasaknya dengan membuang kulitnya.

  1. Telur

Jika anda ingin makan makanan tinggi protein dan mudah mencarinya maka jawabannya telur. Telur merupakan sumber protein tinggi yang paling populer. Satu butir telur yang anda rebus dapat mengandung protein sebanyak 7 gram. Protein dalam telur terdapat pada bagian putih telur, sedangkan kuning telur mengandung lemak jenuh.

  1. Kacang-kacangan

Sering makan daging-dagingan atau telur mungkin membuat anda bosan. Jika anda ingin sumber protein dari jenis makanan lain, anda bisa mencoba makan makanan jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang memiliki serat tinggi juga akan membuat anda kenyang dalam waktu lama.

  1. Kedelai

Kedelai menjadi salah satu sumber protein tinggi terbaik yang juga rendah lemak. Di dalam kedelai terkandung phytochemical yang berguna mengurangi resiko terhadap penyakit jantung, osteoporosis, dan penyakit kanker. Dalam satu cangkir kedelai mengandung kurang lebih 29 gram protein.

  1. Susu

Berbeda dari sumber protein lain yang berbentuk daging atau kacang-kacangan, anda bisa mendapatkan protein tinggi dari susu. Untuk memilih susu dengan tinggi protein, sebaiknya pilih susu skim atau rendah lemak. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here