7 Tanda dan Gejala Awal Penyakit Jantung pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyebab utama penyakit jantung sebenarnya bisa jadi karena pola makan yang kurang sehat atau justru keliru sehingga menyebabkan kerusakan pada tubuh dan khususnya muncul masalah-masalah pada sistem peredaran darah.

Pada abad ke-20 penyakit jantung masih menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian penduduk di dunia atau satu tingkat dengan penyakit stroke.

Dan pada awal tahun 1900-an pernah terjadi peristiwa penyakit jantung yang paling aneh, yaitu banyak terlihat anak-anak dan remaja mengalami gejala rematik serta panas tinggi yang menyebabkan kerusakan pada katup jantung. Dimana pada saat itu, orang-orang di bawah umur 60 tahun jarang terserang penyakit pada katup jantungnya.

Sedangkan saat ini, khususnya di negara-negara maju, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian yang paling besar pada orang-orang yang berumur di atas 35 tahun. Untuk di Asia Tenggara menurut keterangan dari Federasi Jantung Dunia, pada sepanjang tahun 2014 kasus penyakit jantung mencapai 1,8 juta.

Mungkin pada tahun sebelumnya kita sering mendengar bahwa kebanyakan orang yang terkena penyakit jantung adalah orang yang berusia di atas 50 tahun. Namun dengan perkembangan zaman dan gaya hidup yang semakin modern, tak sedikit penyakit ini juga menyerang para remaja. Penyakit jantung pada remaja ini sering terjadi karena kebiasaan-kebiasaan kurang sehat yang dijalani dalam kehidupan sehari-hari.

Remaja yang terkena penyakit jantung, biasanya akan mengalami tanda dan gejala awal dari penyakit jantung seperti :

  1. Nyeri dada. Terjadi karena pasokan oksigen dan darah yang menuju otot dan jantung tidak cukup sehingga membuat jantung tersebut terasa nyeri. Oleh karena itu, orang yang terkena penyakit jantung akan merasa nyeri dibagian dadanya dimana disertai rasa diremas-remas dan sakit pada jantung.
  2. Berkeringat. Gejala lain yang akan anda rasakan yaitu tanpa disadari anda berkeringat padahal sedang tidak melakukan aktivitas yang membuat anda berkeringat. Biasanya bagian yang sering berkeringat adalah area telapak tangan.
  3. Lelah yang berlebihan. Ketika anda tidak melakukan aktivitas fisik yang beratpun terkadang sering cepat merasa kelelahan. Hal ini juga merupakan indikasi awal dari penyakit jantung.
  4. Sesak Nafas. Karena otot jantung berkontraksi tidak normal atau lebih lemah dari biasanya maka berdampak pada sistem pernafasan dimana menyebabkan rasa sesak nafas pada dada anda.
  5. Jantung berdegup kencang. Terkadang jantung anda akan merasa berdebar sangat kencang sebagai tanda awal adanya penyakit jantung.
  6. Sakit kepala. Tidak hanya pada penyakit lain, pada penyakit jantung sakit kepala juga menandakan adanya penyakit jantung. Sakit kepala pada penderita penyakit jantung awalnya akan sangat menyakitkan karena aliran darah ke otak terganggu dan tidak normal.
  7. Tubuh terasa sakit. Hal ini terjadi karena aliran darah yang menuju bagian tubuh tersumbat dan mengakibatkan sakit. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY