8 Buah yang Bantu Atasi Kekurangan Cairan Tubuh

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tubuh setiap harinya memerlukan asupan cairan yang cukup agar tidak kekurangan cairan. Secara umum, disarankan untuk minum setidaknya delapan gelas air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tersebut. Tapi, tahukah Anda kalau asupan cairan tidak hanya bersumber dari air putih saja, tapi juga dari buah? Ya, sejumlah ahli medis menyarankan 20 persen asupan cairan bersumber dari buah atau sayuran. Beberapa buah mengandung kadar air tinggi dan bahkan memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan dapat secara efektif mengisi kembali cairan dan mineral tubuh yang hilang ketika tubuh kekurangan cairan.

Berikut adalah beberapa buah yang baik untuk mencegah dan mengatasi kekurangan cairan tubuh:

  1. Kelapa. Air kelapa kaya akan kandungan kalium, natrium, kalsium, dan magnesium sehingga sangat baik untuk memulihkan kembali kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Karena rendah kalori, air kelapa juga aman dikonsumsi penderita diabetes yang mengalami kekurangan cairan tubuh.
  2. Semangka. Selain memiliki kadar air 92%, semangka juga mengandung kalsium, magnesium, kalium, dan natrium yang dapat mengisi kembali elektrolit tubuh yang hilang. Tak hanya itu saja, semangka juga mengandung vitamin A, C, dan likopen yang membantu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.
  3. Melon. Melon memiliki 90% kadar air serta mengandung vitamin A, C, K, folat, serat, dan kalsium. Karenanya, selain menyegarkan, melon juga memberikan perlindungan tubuh dari berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung dan kanker.
  4. Beri. Buah beri pada dasarnya kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah kanker dan penuaan dini. Kadar air dalam stroberi bisa dikatakan paling tinggi, yakni 91% diantara buah beri lainnya, seperti kranberi dan rasberi (87%), atau bluberi (85%).
  5. Belimbing. Belimbing juga baik untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh karena memiliki kadar air 91%. Selain itu, buah dengan nama lain carambola ini juga memiliki kandungan epicatechin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  6. Grapefruit. Memiliki kadar air 91%, grapefruit juga untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh serta dapat mencegah penyakit dan membuat kulit lebih sehat karena diperkaya kandungan vitamin C, A, E, K, fola, kalsium, fospor, dan magnesium.
  7. Jeruk. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi membuat jeruk populer sebagai salah satu buah yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Sedangkan kadar airnya yang sebesar 87% membuat jeruk baik untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh. Terlebih jeruk juga diperkaya kalsium, magnesium, kalium, fosfor, mangan, niasin, dan selenium
  8. Nanas. Nanas tak hanya dapat membantu mengatasi kekurangan cairan tubuh, tapi juga membersihkan racun berbahaya yang bersarang di dalam tubuh. Buah yang rasanya asam manis ini memiliki kandungan air 87% dan di dalamnya terdapat kandungan vitamin C, A, kalsium, kalium, fosfor, mangan, serat, dan folat. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY