8 Daftar Makanan dan Minuman yang Dapat Menggugurkan Kandungan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan membuat sering terjadi keguguran pada masa kehamilan. Oleh sebab itu, maka bagi anda yang sedang menjalani masa kehamilan, sebaiknya mengerti apa saja makanan dan minuman yang dapat menggugurkan kandungan agar tidak membahayakan kandungan. Berikut di antaranya:

  1. Tiramisu

Tiramisu termasuk salah satu makanan dalam daftar makanan yang dapat menggugurkan kandungan karena sebagian besar tiramisu terbuat dari bahan telur mentah.

  1. Sushi

Meskipun makanan laut merupakan sumber makanan yang kaya dengan protein, namun selama masa kehamilan sebaiknya anda menghindari untuk makan sushi. Karena beberapa sushi mengandung parasit dan bakteri yang bisa membahayakan janin kandungan.

  1. Tauge Mentah

Selama masa kehamilan, sebaiknya anda menghindari makan tauge mentah. Karena dengan memakan tauge mentah dikhawatirkan di dalam tauge mentah tersebut terkandung bakteri yang dapat membahayakan ibu maupun janin. Bateri tersebut sangat sulit dihilangkan walaupun sudah dicuci hingga bersih. Hal tersebut dikarenakan bentuk tauge yang kecil jadi bakteri susah dihilangkan. Untuk antisipasi hal tersebut pastikan tauge yang anda makan telah dimasak terlebih dahulu, hal ini berfungsi untuk membunuh bateri yang terkandung di dalamnya.

  1. Susu Yang Tidak Dipasteur

Susu memang baik bagi kesehatan tubuh setiap orang, tak terkecuali ibu yang sedang hamil. Tapi susu yang tidak di pasteur terlebih dahulu akan berbahaya bagi janin di dalam kandungan karena terdapat bakteri listeria di dalamnya.

  1. Jamu Tradisional

Kebiasaaan minum jamu tradisional pada saat hamil perlu diwaspadai, karena bahwa tidak semua jamu tradisional aman dikonsumsi ibu hamil. Ada beberapa jenis jamu tradisional yang termasuk dalam minuman yang dapat menggugurkan kandungan. Jadi, sebaiknya hindari jamu tradisional yang tidak anda ketahui dengan betul, anda bisa menggantinya dengan susu formula khusus ibu hamil agar lebih aman di konsumsi bagi anda dan janin di dalam kandungan.

  1. Minuman Berkafein

Minuman berkafein bisa menjadi salah satu daftar minuman yang dapat menggugurkan kandungan ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak. Jadi, pada masa kehamilan perlu di kurangi kebiasaan minum minuman berkafein seperti teh dan kopi. Alasannya karena kandungan kafein pada teh dan kopi mampu menembus dinding plasenta, sehingga dapat mengganggu sistem pernafasan serta detak jantung bayi.

  1. Minuman Beralkohol

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa minuman beralkohol masuk ke dalam daftar kategori minuman yang dapat menggugurkan kandungan. Minuman beralkohol bisa menyebabkan kerusakan otak pada bayi. minuman bersoda juga bisa menyebabkan kerusakan pada otak janin. Selain itu, kedua minuman yang dapat menggugurkan kandungan tersebut bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang tidak normal atau prematur, gangguan mental pada bayi, masalah pernafasan sampai dengan kematian pada bayi.

Untuk menjaga kesehatan Anda dan janin selama masa kehamilan, hindarilah semua jenis makanan dan minuman yang telah disebutkan diatas karena dapat membahayakan kandungan Anda. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY