8 Jenis Makanan untuk Menetralkan Lemak Jahat Dalam Tubuh

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Lemak merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh. Lemak di dalam tubuh berfungsi sebagai sumber energi utama selain protein dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Fungsi lainnya dari lemak yaitu sebagai bahan baku hormon, membantu dalam pengangkutan dan penyerapan vitamin yang larut di dalamnya (vitamin A, D, E, K). Serta berfungsi melindungi organ-organ tubuh bagian dalam dan sebagai insulator bila terjadi perubahan suhu tubuh.

Dapat kita ketahui bahwa manfaat lemak bagi tubuh sangatlah banyak. Tetapi banyak orang yang menghindari atau mengurangi mengonsumsi lemak, karena takut akan mengumpul di beberapa titik tubuh yang tidak di sukai, dimana dapat membuat tubuh tak tampak indah atau tidak ideal.

Mungkin kita sering mendengar kata tentang lemak baik dan lemak jahat. Dari kedua macam lemak ini, yang sering dikhawatirkan adalah lemak jahat. Alasannya seperti di atas, lemak jahat ini dapat menumpuk dalam tubuh dan tentunya tidak baik bagi tubuh.

Tetapi jangan khawatir, berikut ada beberapa makanan yang manfaatnya dapat menetralkan atau bahkan membuang lemak jahat dalam tubuh anda, seperti:

  1. Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan glutation, yaitu antioksidan utama yang membantu menetralkan lemak jahat dalam makanan lain. Alpukat juga mengandung kalium dimana dapat untuk melindungi sel darah merah.

  1. Berbagai macam buah berry

Seperti buah alpukat, aneka buah berry juga mengandung antioksidan sehingga dapat anda konsumsi untuk menetralkan lemak jahat dalam tubuh. Selain itu aneka berry juga kaya akan kandungan vitamin C. Buah berry ini meliputi stroberi, raspberry, cranberry dan bluberry.

  1. Daging ayam tanpa kulit

Jika anda salah satu jenis orang yang tidak suka makan kulit ayam, maka anda melakukan hal yang baik dalam memerangi lemak jahat, karena mengonsumsi daging ayam tanpa kulit merupakan makanan dengan kandungan protein tinggi. Protein tersebut membantu lemak baik untuk melancarkan metabolisme tubuh di dalam proses pembekaran lemak.

  1. Sereal

Sereal merupakan salah satu makanan yang dapat digunakan sebagai penganti nasi. Dengan kandungan nutrisi dan serat yang cukup tinggi, sereal dapat menetralkan lemak jahat dalam tubuh.

  1. Telur

Selain mudah dijangkau, telur memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan protein dan omega 3 dalam telur dapat membantu lemak baik dalam menyeimbangkan kalori dari karbohidrat dan menambah hemoglobin pada sel darah merah.

  1. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang dapat anda konsumsi untuk menetralkan lemak jahat yaitu kancang mentah dan kacang polong.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan makanan yang mengandung vitamin dan serat yang tingi, beta-karoten, quercetin, indol, glutation, lutein dan tentunya antioksidan. Dimana membantu lemak baik untuk mempercepat penyerapan kalsium. Selain itu, brokolo juga dapat melindungi dari kanker paru-paru, usus besar, dan gangguan pembuluh darah.

  1. Teh hijau

Kandungan zat polyphenol dalam teh hijau ini dapat untuk menstabilkan metabolisme tubuh dan mempercepat dalam menstimulasi pembakaran lemak. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY