8 Kebiasaan Menjaga Kebersihan yang Perlu Diajarkan pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebersihan tidak hanya mengenai menjaga penampilan bersih dan rapih saja. Namun juga merupakan salah satu cara untuk mencegah terkena penyebaran virus atau bakteri. Bahkan kebiasaan menjaga kebersihan bisa membantu anak anda tetap sehat, menangkal datangnya penyakit serta menjaga citra tubuh sehat dan mengembangkan pola hidup sehat.

Anak-anak belum memiliki pengetahuan mendalam tentang mengapa kebiasaan menjaga kebersihan itu diperlukan. Maka, tugas anda sebagai orangtua harus dengan sabar mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kebiasaan menjaga kebersihan yang baik. Berikut beberapa kebiasaan menjaga kebersihan yang baik dan benar yang perlu Anda ajarkan kepada anak-anak Anda sejak dini..

Kebersihan gigi dan mulut

Menjaga kebersihan mulut yang baik perlu dijadikan sebagai aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari pada anak. Bahkan, orang tua wajib memberikan perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan mulut anak dari saat tumbuh gigi pertama. Hal itu untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anak agar dapat tumbuh dengan baik.

Kebersihan kuku

Sebagai orang tua penting untuk mengajarkan kepada anak tentang bagaimana merawat kuku yang benar pada usia dini. Memiliki kuku yang sehat merupakan suatu hal yang harus diterapkan, karena kuku merupakan tempat berkembang biaknya bakteri berbahaya. Bakteri dapat dengan mudah menginfeksi hidung, mata dan mulut anak Anda, kemudian bisa membuat si buah hati jatuh sakit.

Ritual mandi

Anak Anda mungkin benci untuk membersihkan diri dengan mandi, Namun, mandi merupakan salah satu kebiasaan kebersihan yang harus Anda tanamkan pada si buah hati sejak usia dini. Hal ini karena kulit merupakan organ terbesar pada tubuh dan memainkan peran utama untuk melindungi tubuh dari berbagai unsur-unsur eksternal, seperti debu, kotoran, dan bakteri yang tidak terhitung jumlahnya. Namun, dengan melakukan mandi secara teratur, Anda dapat menjaga kebersihan seluruh tubuh anak anda.

Kebersihan tangan

Kebiasaan mencuci tangan merupakan bagian integral yang harus anda  ajarkan pada anak di usia muda. Cuci tangan merupakan kegiatan sederhana yang hanya memerlukan waktu yang singkat, namun kebiasaan ini bisa menjaga anak anda terhindar dari bakteri, kuman, dan infeksi.

Kebersihan kaki

Sama seperti menjaga kebersihan tangan dan kulit, sebagai orang tua juga penting untuk mengajarkan anak tentang kebersihan kaki. Menjaga kebersihan kaki akan mengurangi risiko memiliki bau kaki, kadas, kurap dan penyakit infeksi kaki lainnya.

Kebersihan toilet

Sebagai orangtua anda harus fokus pada kebiasaan anak dan perlu mengajarkan pada mereka untuk menjaga bagian kecil dari lingkungan mereka agar tetap bersih. Ajarkan pada anak Anda untuk rutin membersihkan diri dengan baik setelah menggunakan kamar kecil. Perlu anda ajarkan pula tentang bagaimana untuk menyiram toilet dengan benar.

Kebersihan saat batuk dan bersin

Ketika anak Anda sudah cukup besar, penting bagi anda untuk mengajari mereka mengenai etika saat bersin dan batuk. Hal ini terbilang sederhana tapi sangat penting untuk tindakan pengendalian menularnya infeksi.

Kebersihan rumah

Selain menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan pribadi, anda juga perlu mengajarkan pada anak tentang menjaga kebersihan rumah saat mereka meninggalkan rumah. Kebiasaan menjaga kebersihan rumah dan daerah sekitarnya adalah kebiasaan hidup sehat yang semuanya  harus mengikuti, termasuk anak-anak anda. Hal Ini merupakan langkah yang sangat penting menuju masyarakat yang bersih dan memiliki pola hidup sehat. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here