8 Manfaat Medical Check Up Jika Anda Rutin Melakukannya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang yang menganggap Medical Check Up tidak terlalu penting dilakukan dan banyak juga tidak melakukannya karena alasan takut dengan hasil pemeriksaan yang didapatkan. Tidak sedikit yang berpikiran sama seperti alasan diatas, dibandingkan dengan orang yang memiliki kesadaran diri tentang pentingnya mencegah daripada mengobati.

Padahal dibalik alasan tersebut, terdapat segudang manfaat yang akan didapatkan jika anda rutin melakukan Medical Check Up. Apa sajakah manfaatnya?

  1. Mengetahui secara dini kondisi kesehatan tubuh anda. Dengan melakukan Medical Check Up secara rutin anda dapat mengetahui apa saja kemungkinan penyakit yang bisa terjadi.
  2. Mendeteksi gangguan kesehatan atau diagnosa penyakit yang telah ditemukan dan membantu dalam mencegah berkembangnya suatu penyakit .
  3. Mengatasi penyakit lebih dini dengan memutuskan rantai perjalanan penyakit dan mengetahui kebutuhan pengobatan segera.
  4. Mencegah dan mengatasi agar kemungkinan komplikasi penyakit tidak terjadi.
  5. Menghemat biaya pengobatan.
  6. Memperpanjang usia produktif dan usia harapan hidup. Jika usia harapan hidup meningkat maka kesehatan juga akan ikut meningkat.
  7. Meningkatkan kualitas hidup.
  8. Sebagai bahan pembanding status kesehatan anda sekarang dan sebelumnya. Sehingga anda dapat menyimpulkan apakah kesehatan anda meningkat atau menurun.

Jika telah terdeteksi penyakit, biasanya anda akan dianjurkan untuk menemui dokter spesialis untuk konsultasi lebih lanjut. Dokter akan membantu dalam menindaklanjuti diagnosa penyakit lebih awal. Sedangkan riwayat kesehatan dan hasil pemeriksaan tersebut, menjadi acuan untuk mengontrol pola hidup anda.

Anda juga dapat melakukan Medical Check Up pada anak-anak. Manfaat Medical Check Up hampir sama seperti ulasan diatas. Pada anak-anak anda dapat lebih mengetahui sejauh mana kondisi kesehatannya. Karena pada anak biasanya gejala penyakit tidak terlalu terlihat. Jika penyakit sudah terdeteksi, maka dokter akan memberikan saran tindakan untuk segera ditangani.

Jika seseorang tidak pernah melakukan Medical Check Up, maka tidak akan mengetahui apakah kesehatannya sedang terganggu. Tidak menutup kemungkinan, seseorang mengidap penyakit dengan tidak memiliki gejala. Gejala yang tidak terdeteksi secara dini akan lebih berakibat fatal hingga mengancam nyawa seseorang. Penyakit tersebut akan lebih sulit diobati, membutuhkan waktu lama dalam pengobatan dan tentunya menghabiskan biaya yang lebih banyak. Inilah mengapa Medical Check Up menjadi penting untuk dilakukan. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here