8 Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Telur merupakan salah satu bahan makanan yang serbaguna. Banyak sekali olahan yang menggunakan bahan ataupun campuran dari telur. Mulai dari balado telur bahkan sampai menjadi campuran untuk membuat perkedel atau kue-kue kering. Selain serbaguna, telur juga kaya akan nutrisi.

Contoh dari telur yang kaya akan nutrisi adalah telur puyuh. Meski ukurannya kecil telur puyuh ini memiliki kandungan gizi yang besar. Telur puyuh mengandung Protein, Vitamin, Mineral, Lemak, Lutein, Kolin, dan lain-lain. Bahkan jika dibandingkan dengan telur ayam, nilai gizi telur puyuh lebih besar.

Selain kandungan gizinya yang bagus, telur puyuh ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan anda. Agar anda tahu manfaat telur puyuh bagi kesehatan. Mari simak beberapa manfaat telur puyuh untuk kesehatan di bawah ini:

  1. Bagus untuk kesehatan mata

Salah satu vitamin yang dimiliki oleh telur puyuh adalah vitamin A. Sehingga jika anda rajin mengonsumsi telur puyuh sebanyak 5 butir sehari maka kesehatan mata anda akan terjaga.

  1. Mengurangi risiko keguguran

Kolin yang terkandung dalam telur puyuh ini memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Ibu hamil yang mengonsumsi telur puyuh dapat menjaga janinnya dari risiko keguguran sekaligus mengoptimalkan perkembangan janin.

  1. Mengeluarkan racun dari tubuh

Tubuh sesekali memerlukan proses pengeluaran racun dari tubuh agar tubuh selalu sehat. Dan telur puyuh dapat membantu mengambil zat racun lain dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan reproduksi

Jika anda senang mengonsumsi telur puyuh maka kesehatan reproduksi menjadi baik. Apabila anda pasangan suami istri yang sedang menginginkan momongan, anda memiliki potensi seksual yang baik.

  1. Telur puyuh sebagai obat alergi

Mungkin ada beberapa orang yang alergi jika makan telur. Namun, telur puyuh ini justru mengandung Ovomucoid zat yang diperlukan dalam menyembuhkan alergi.

  1. Mencegah kanker

Selain manfaat di atas, telur puyuh diklaim dapat mencegah kanker menyerang tubuh kita. Jadi, mengonsumsi telur puyuh sudah dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan terhindar dari penyakit kanker.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Telur puyuh juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup penting yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik menunjukan tubuh yang mampu terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Mencegah gangguan sistem pencernaan

Seringkali kita mengalami gangguan pada sistem pencernaan seperti maag, sembelit, diare dan lain sebagainya. Jika anda ingin terhindar dari masalah-masalah tersebut maka kuncinya adalah konsumsi telur puyuh. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here