8 Tips Hidup Sehat dengan Menjaga Kesehatan Paru-paru

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengapa menjaga kesehatan paru-paru menjadi sangat penting untuk dilakukan? Karena paru-paru merupakan organ penting untuk bernapas. Jika tidak menjaga kesehatan paru-paru akan timbul penyakit yang dapat mengganggu kesehatan anda hingga menyebabkan kematian. Sebelum penyakit mendiagnosis anda, pencegahan secara dini akan membantu anda terhindar dari segala penyakit.

Pencegahan dapat dilakukan di segala usia selama belum terdiagnosis penyakit paru-paru. Sebagai cara pencegahan berikut tips-tips dalam menjaga kesehatan paru-paru yang dapat anda pelajari :

  1. Tidak Merokok

Cara terbaik dalam menjaga kesehatan paru-paru yaitu dengan menghindari kebiasaan merokok. Kandungan yang ada didalam batang rokok, perlahan akan merusak organ-organ terpenting di dalam tubuh termasuk paru-paru. Menurut survey para pakar kesehatan, setelah melakukan percobaan diantara 10 perokok aktif 9 diantaranya mengidap penyakit paru-paru. Namun tidak menutup kemungkinan perokok pasif juga dapat terkena penyakit paru-paru.

  1. Hindari paparan polusi udara

Polusi menjadi salah satu faktor penyebab penyakit paru-paru. Polusi dapat bersumber dari asap rokok, debu, karbondioksida, abu dan lainnya. Saat ini sangat sulit mendapatkan udara yang bebas dari polusi di perkotaan. Salah satu cara termudah untuk menghindari polusi tersebut yaitu dengan menggunakan masker karena msaker akan membantu anda dalam menyaring udara.

  1. Kurangi Stress

Stress adalah perubahan hidup yang memerlukan penyesuaian. Faktor kelelahan akut, masalah pada pekerjaan, rumah tangga hingga masalah percintaan dapat menjadi faktor pendukung timbulnya stress dan rasa tertekan dalam menghadapi masalah tersebut. Stress tidak dapat dihindari namun dapat dikelola dengan baik sehingga anda dapat beradaptasi. Seperti melakukan kegiatan positif agar lebih nyaman dan rileks, berfikir postif dan mendapatkan solusi dari orang lain.

  1. Olahraga ringan, rutin dan teratur

Berolahraga dapat membantu paru-paru kembali ke keadaan sehat. Olahraga yang baik dilakukan secara bertahap dan rutin. Minimal sebanyak 3 kali selama seminggu dan dimulai dari tahap paling ringan seperti jalan kaki atau lari kecil (jogging) dan dilanjutkan ke tahap sedang seperti senam hingga berlari.

  1. Perbanyak Vitamin D

Banyak penelitian, menyebutkan bahwa vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan paru, menjadikan fungsi  paru lebih baik, memperkat tulang dan mencegah dari beberapa jenis kanker. menurut Jurnal American College of Chest Physician, konsumsi vitamin D akan membuat lebih mudah untuk bernapas. Sumber vitamin D dapat dari ikan salmon, sardem, tuna dan sinar matahari.

  1. Penuhi gizi seimbang dan air putih yang cukup

Gizi seimbang dapat dipenuhi dengan 4 sehat 5 sempurna, termasuk konsumsi buah yang mengandung vitamin dan antioksidan. Karena dapat menangkal radikal bebas dan mendetoksifikasi tubuh dari penyebab kanker dan penyakit paru-paru. Sumber antioksidan didapat dari buah, sayuran dan kacang-kacangan. Selain itu kandungan kalium pada buah-buahan berperan sebagai tonik yang berfungsi untuk membersihkan dan mencegah infeksi pada paru-paru.

  1. Bernapas melalui hidung

Bulu-bulu hidung berperan dalam membantu menyaring udara kotor yang masuk ke paru-paru menjadikan udara yang lebih bersih sehingga paru-paru terjaga kesehatannya.

  1. Periksa kesehatan secara rutin dan berkala

Pencegahan terbaik dari penyakit termasuk penyakit paru-paru yaitu dengan memeriksakan kesehatan sejak dini. Lebih baik mencegah dari pada mengobati karena terhindar dari gejala belum tentu tubuh dalam kondisi yang sehat. Untuk mengontrol kesehatan, sebaiknya periksakan lebih awal supaya dapat melakukan pencegahan sebelum didiagnosa penyakit paru-paru yang lebih parah. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here