9 Kiat Menjaga Jantung Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Artinya angka tersebut mencapai 31 persen dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia.

Anda bisa terhindar dari masalah jantung di masa depan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut adalah tujuh kiat mencegah penyakit jantung:

  1. Tidak merokok

Faktor resiko terjadinya penyakit jantung yang paling besar disebabkan oleh rokok. Bahan kimia yang terdapat di dalam tembakau rokok dapat merusak jantung, pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan arteri yang diakibatkan oleh penumpukan plak atau yang disebut dengan atherosclerosis. Kandungan karbon monoksida yang terdapat di dalam asap rokok dapat meningkatkan tekanan darah dan jantung akan berdetak lebih keras untuk memasok kebutuhan oksigen.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan sesuatu yang dianggap dapat meminimalisir terjadinya penyakit. Salah satu manfaat dari olahraga dapat menjaga kesehatan jantung. Menurut rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia setiap orang dewasa yang berusia sekitar 18 tahun sampai 64 tahun disarankan untuk memanjakan diri dengan melakukan latihan intensitas selama 30 menit dalam seminggu dilakukan 5 hari. rekomendasi tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung dan terhindar dari penyakit.

  1. Makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan jantung. Setiap orang dianjurkan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Sebaiknya tingkatkan konsumsi buah dan sayur serta air putih yang banyak. Buah dan sayur segar di anggap sebuah makanan yang sehat karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit.

  1. Pertahankan berat badan

Apabila anda memiliki berat badan yang berlebihan maka hal tersebut akan beresiko terjadinya penyakit jantung, hipertensi, kolesterol dan diabetes. Untuk itu mempertahankan berat badan adalah salah satu upaya untuk menjaga jantung yang sehat.

  1. Tidur cukup dan berkualitas

Kurang tidur tidak hanya mengganggu aktivitas mu di siang hari karena rasa ngantuk, akan tetapi kurang tidur juga dapat membahayakan kesehatan seperti obesitas, hipertensi, serangan jantung, diabetes dan depresi. Untuk itu anda di anjurkan untuk tidur yang cukup dan berkualitas sekitar 7 sampai 8 jam perhari.

  1. Kelola stres

Apabila anda sedang memiliki banyak tekanan yang menimbulkan anda stress sebaiknya anda harus pandai dalam mengelola hal ini agar jantung anda tetap sehat. melakukan aktivitas fisik dengan cara latihan rileksasi atau meditasi merupakan hal yang lebih baik dalam mengelola stres dibandingkan dengan makan berlebih, merokok, dan minuman keras yang hanya akan menimbulkan gangguan kesehatan.

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur dan rutin merupakan salah satu upaya untuk menjaga jantung agar tetap sehat.beberapa pemeriksaan yang harus anda lakukan yaitu pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, dan diabetes.

  1. Jangan duduk terlalu lama

Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa apabila seseorang duduk terlalu lama maka akan meningkatkan peluang terjadinya penyakit jantung sekitar 147%. Selain itu duduk terlalu lama akan menyebabkan kematian hingga 90%.

  1. Lain-lain

Upaya terakhir yang harus anda lakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat yaitu dengan cara mempertahankan kesehatan gigi, hindari pemakaian headset dengan suara yang terlalu keras, dan kurangi pemakaian gadget. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here