9 Langkah yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Medical Check Up

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernahkah anda malas untuk melakukan Medical Check Up? Dengan alasan persiapan dan persyaratannya yang rumit? Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya persiapan pemeriksaan ini dibuat berdasarkan berbagai pertimbangan yang fokus pada keselamatan pasien. Serangkaian persiapan sebelum Medical Check Up ini, perlu dilakukan agar hasil pemeriksaan maksimal dan sesuai dengan kondisi tubuh yang sebenarnya.

Pada saat anda ingin melakukan Medical Check Up, ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai persiapan sebelum MCU yaitu

  1. Perlunya Puasa. Ternyata puasa sangat diperlukan untuk menunjang beberapa pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan glukosa, kolesterol, urea dan asam urat. Pada umumnya, anjuran puasa dilakukan selama 10 sampai 12 jam dan tidak boleh lebih dari 14 jam. Tetapi untuk pengecekan kadar glukosa diperlukan puasa selama 8 jam. Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan apapun kecuali air putih dalam waktu yang ditentukan.
  2. Pastikan anda konsumsi air putih yang cukup minimal 3 liter perhari dan hindari merokok, minum kopi dan teh, alkohol, makan permen karet atau obat-obatan terlarang karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan.
  3. Selama tiga hari sebelumnya pastikan tubuh anda cukup mendapatkan asupan karbohidrat paling sedikit 150 gram perhari.
  4. Anda tidak dianjurkan mibum obat sejak 4 sampai 24 jam sebelum pengambilan darah dan 48-72 jam sebelum pengambilan urin (air kencing). Beberapa obat memiliki dampak terhadap hasil tes darah dan obat golongan steroid akan mempengaruhi pada peningkatan kadar kolesterol. Anda tetap boleh mengkonsumsi obat jika dokter memperbolehkan karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan. Anda wajib menginformasikan obat yang anda konsumsi pada petugas laboratorium.
  5. Jangan lakukan aktivitas berat seperti berolahraga sebelum anda melakukan Medical Check Up. Karena berdampak pada peningkatan tekanan darah dan dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan.
  6. Pastikan sebelum MCU anda cukup tidur, pada umumnya tidur cukup 7 sampai 9 jam perhari dan tidak bergadang pada satu minggu sebelumnya.
  7. Sebaiknya dalam melakukan pemeriksaan dilakukan pada pagi hari antara jam 7.00 sampai jam 09.00 karena pada jam ini tubuh dalam kondisi baik dan belum melakukan banyak aktivitas.
  8. Untuk wanita, dianjurkan dalam keadaan tidak haid minimal 7 hari sesudah haid bersih karena dapat mengganggu hasil pemeriksaan urine. Untuk pemeriksaan Pap Smear, anda tidak dianjurkan untuk berhubungan suami istri dan membilas daerah kewanitaan dengan sabun pembersih selama 48 jam.
  9. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan tidak dalam keadaan sakit.

Sembilan langkah dari ulasan diatas, dapat anda persiapkan sebelum melakukan Medical Check Up. Persiapan tersebut dilakukan disesuai juga dengan kebutuhan pemeriksaan yang anda butuhkan. (MLD).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here