9 Manfaat Kesehatan Dari Minyak Zaitun

0
9
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Minyak zaitun merupakan minyak yang didapatkan dari buah zaitun baik melalui proses pemerasan langsung atau melalui proses penyulingan. Minyak zaitun ini memiliki banyak jenis mulai dari extra virgin olive oil, virgin olive oil, revined olive oil, pure olive oil dan extra light olive oil.

Tidak hanya jenisnya yang banyak. Minyak zaitun juga mengandung banyak kandungan yang baik yaitu vitamin E, asam lemak essensial yang terdiri dari omega 3 dan omega 6 serta kandungan lainnya. Dengan kandungan-kandungan tersebut, ternyata minyak zaitun tak hanya bermanfaat bagi kecantikan, perawatan rambut saja tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Manfaat kesehatan dari minyak zaitun yang bisa anda dapatkan yaitu:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Selama ini berbagai penyakit jantung menghatui banyak orang sebab penyakit jantung dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya. Agar terhindar dari penyakit jantung kita harus menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung lemak tidak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

  1. Sebagai alternatif obat hipertensi

Agar tidak selalu bergantung pada obat. Penderita hipertensi juga baik mengonsumsi minyak zaitun. Orang hipertensi yang mengonsumsi minyak zaitun tekanan darah dapat turun dalam kadar 7 poin.

  1. Mencegah kanker

Antioksidan biasanya ditemukan pada buah-buahan tertentu. Tapi, minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mengurangi atau mencegah penyakit kanker.

  1. Menurunkan kolesterol tinggi

Dipercaya jika seseorang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin maka menurunkan kadar kolesterol yang tinggi yang mana tetap mempertahankan keberadaan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh.

  1. Menyehatkan usus

Pada minyak zaitun terdapat senyawa Oleuropein Aglycone. Senyawa tersebut dapat mengurangi risiko kerusakan yang terjadi pada usus sehingga menyehatkan usus.

  1. Mengurangi peradangan sendi

Penelitian yang dilakukan kepada 145 pasien penderita sakit persendian di negara Yunani Utara membuktikan bahwa tampak orang yang sakit persendian dan mengonsumsi minyak zaitun bisa memberikan efek yaitu mengurangi sakit radang sendi tersebut.

  1. Mencegah diabetes

Minyak zaitun juga mengandung senyawa hidroksitirosol yang berfungsi untuk menormalkan kadar gula darah di tubuh. Sehingga minyak zaitun bermanfaat mencegah penyakit diabetes.

  1. Menghilangkan atritis

Zat prostagladin juga dimiliki oleh minyak zaitun. Prostaglandin membantu mengatasi rasa nyeri sendi dan pengeroposan tulang.

  1. Menurunkan angka kematian

Dengan berbagai manfaat tersebut tentu saja minyak zaitun memiliki kemungkinan untuk menurunkan angka kematian. Hal tersebut terbukti oleh warga negara Albania yang memiliki sedikit angka kematian. Dan alasan sedikitnya angka kematian di Albania adalah penggunaan minyak zaitun pada makanan yang dikonsumsi warga negara Albania. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY