9 Pilihan Makanan untuk Anak Diare

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anak mengalami diare? Ibu jangan panik, ada banyak makanan untuk anak diare dan muntah yang dapat diberikan agar segera redah. Diare ini adalah salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Umumnya penyakit diare pada anak bisa sembuh maksimal tujuh hari. Jarang sekali diare secara terus menerus berlangsung hingga berminggu-minggu. Kecuali jika diare disebabkan infeksi tertentu, maka kemungkinan akan sedikit lebih lama sembuhnya.

Berikut ini, dijelaskan beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi anak ketika ia mengalami diare:
  1. Pisang

Buah pisang dapat dijadikan makanan untuk anak yang sedang mengalami diare. Buah pisang merupakan makanan rendah serat yang dapat membantu usus. Menurut Mayo Clinik menyatakan bahwa buah pisang dapat membantu mengisi potassium karena pada saat diare tubuh mengalami kehilangan potassium.

  1. Nasi

Nasi merupakan makanan pokok warga Indonesia. Ternyata nasi putih dapat dijadikan salah satu makanan pilihan pada saat anak mengalami diare.

  1. Kentang

Kentang memiliki kandungan potassium yang tinggi sehingga kentang baik apabila dikonsumsi pada saat diare. Akan tetapi jangan mengkonsumsinya dengan cara di goreng, selain itu pastikan kulit kentang terbuang semua karena di dalamnya banyak mengandung serat.

  1. Serealia

Pada saat anak mengalami diare anda dapat memilih oatmeal, serealia atau biskuit susu untuk dijadikan sebagai makanan pilihan si kecil. Karena jenis makanan ini baik apabila dikonsumsi pada saat diare.

  1. Yoghurt

Anak mengalami diare bukan disebabkan karena alergi susu sapi akan tetapi penyebab terjadinya diare dikarenakan oleh bakteri atau kuman jahat di dalam tubuh. Yoghurt dapat di jadikan salah satu makanan atau minuman pilihan pada saat diare karena yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat mengusir kuman jahat penyebab diare. Yoghurt sudah terpecaya mampu mengatasi diare baik bagi anak-anak maupun dewasa.

  1. Telur rebus

Seorang anak yang sedang mengalami diare pada umumnya akan merasa lemas hal ini dikarenakan sumber energi yang keluar terlalu banyak pada saat BAB sehingga anak mengalami kekurangan energi. Telur rebus diberikan pada anak diare untuk memenuhi nutrisi dan gizi dalam tubuh anak yang sedang mengalami kekurangan energi karena diare.

  1. Crackers

Cemilan asin berupa crackres menjadi makanan pilihan pada saat anak mengalami diare. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar menyatakan bahwa dengan memberikan cemilan crackres pada anak yang sedang mengalami diare maka akan membantu proses penyembuhan diarenya. Hal ini dikarenakan cemilan tersebut memiliki kandungan sodium yang befungsi untuk mengembalikan kekurangan energi anak yang sedang diare.

  1. Jelly

Anak-anak biasanya menyukai makanan berjenis jelly, selain teksturnya yang kenal jelly juga memiliki rasa yang manis. Jenis makanan ini dapat dijadikan pilihan pada saat anak sedang mengalami diare pada hari pertama karena jelly banyak mengandung mineral, vitamin dan kandungan gizi lainnya yang baik untuk tubuh. Selain itu jelly juga merupakan jenis makanan yang mudah di cerna oleh anak.

  1. Buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan jenis makanan yang telah dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan sehingga tidak ada alasan untuk memberikan buah dan sayur pada anak. Buah dan sayur memiliki kandungan mineral dan vitamin yang banyak selain itu buah dan sayur juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengusir partikel jahat yang ada di dalam tubuh. Beberapa jenis buah dan sayuran yang menjadi pilihan untuk di konsumsi anak pada saat diare yaitu buah apel, ubi, dan labu parang. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here