9 Zat Kimia Ini Bisa Berikan Efek Kontaminasi pada Janin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah ada di antara pembaca yang sedang menjalani masa kehamilan? Jika iya, informasi mengenai bahan kimia yang bisa memberikan efek kontaminasi pada janin berikut ini layak untuk disimak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 9 hal yang berpotensi memberikan paparan zat-zat berbahaya bagi janin!

  • Zat kimia berbahaya pada cat dinding

Ibu hamil perlu mengetahui jika beberapa cat dinding mengandung senyawa organik yang mudah menguap, yakni volatile organic compounds (VOC). Meski jumlahnya sedikit, namun senyawa organik tersebut bisa menganggu pernapasan, mengiritasi mata, menyebabkan mual, hingga sakit kepala.

  • Zat kimia berbahaya pada produk kecantikan

Ibu hamil perlu mewaspadai produk perawatan kulit, khususnya yang menghadirkan wewangian. Kosmetik yang mengandung wewangian umumnya terdapat zat phthalates di dalamnya. Ibu hamil yang terpapar phthalates memiliki resiko melahirkan bayi prematur. Kelahiran prematur menjadi salah satu penyebab komplikasi serta kematian pada bayi.

  • Zat kimia berbahaya pada produk pembersih

Ibu hamil yang sering terkena zat kimia dalam cairan pemutih, penyegar udara, atau produk pembersih lainnya dapat meningkatkan risiko asma pada bayi. Kondisi ini tentu perlu diperhatikan bagi ibu hamil, khususnya ketika ingin membeli produk pembersih rumah tangga.

  • Zat kimia berbahaya pada udara

Kualitas udara di dalam rumah perlu diperhatian bagi ibu hamil. Kotoran di dalam rumah bisa saja diakibatkan oleh debu-debu yang muncul dari sofa, karpet, tirai, hingga pengharum ruangan. Zat beracun tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

  • Zat kimia berbahaya pada jamur

Kondisi rumah yang tertutup, lembab, dan jarang terkena paparan sinar matahari akan menjadi tempat perkembangbiakan jamur. Apabila  terhirup ibu hamil, serbuk spora jamur bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan. Kondisi ini tentu saja sangat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin.

  • Zat kimia berbahaya pada plastik

Tidak dipungkiri jika saat ini sebagian besar produk plastik mengandung Bisphenol A (BPA). BPA adalah zat kimia yang bisa membuat plastik anti pecah. Namun ibu hamil harus tahu jika BPA juga bisa mengakibatkan kanker payudara dan kanker prostat. Ibu hamil harus lebih selesktif dalam menggunakan perabot rumah tangga dari plastik, agar janin tidak terkontaminasi zat kimia berbahaya.

  • Zat kimia berbahaya pada air

Air bersih yang digunakan sehari-hari, mungkin saja tidak sebersih yang dibayangkan. Air yang tidak bersih bisa mengandung racun, bakteri, hingga zat kimia yang beresiko bagi kesehatan ibu hamil.

  • Zat kimia berbahaya pada karpet

Pembuatan karpet saat ini telah mengalami tambahan teknologi. Karpet menjadi anti noda, sehingga dalam pembuataannya juga memanfaatkan zat kimia. Alhasil karpet yang masih umumnya memiliki aroma khas yang menarik. Padahal bisa saja itu merupakan gas kimia yang bernama 4-PC. Paparan zat kimia ini perlu diwaspadai ibu hamil, agar janin dalam kandungan tidak terkontaminasi.

  • Zat kimia berbahaya pada perlengkapan tidur

Zat VOC rupanya tidak hanya ada dalam cat, tapi pada perabot rumah tangga atau perlengkapan tidur. Apabila ibu hamil sudah merencanakan kamar bagi bayi, pastikan untuk memilih barang yang bebas bahan kimia berbahaya. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here