Agar Anak Tetap Sehat Saat Puasa

SehatFresh.com – Puasa merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat muslim. Maka dari itu, sangat penting untuk memperkenalkan puasa sejak dini dan melatih anak-anak agar terbiasa berpuasa. Meski berpuasa belum menjadi sesuatu yang wajib bagi anak-anak yang belum dewasa, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mulai memperkenalkan ibadah ini pada anak Anda sedini mungkin. Banyak nilai positif dapat diperoleh, sekaligus melatih anak ketika dewasa anak dapat menjalankan terbiasa menjalankan ibadah puasa.

Selama bulan puasa, terdapat berbagai perubahan rutinitas. Sebagai orang tua, diperlukan cara yang jitu untuk mengakali berbagai perubahan yang mungkin terjadi selama bulan puasa agar tumbuh kembang anak dapat tetap terjaga dengan baik. Sangat penting bagi orang tua untuk mengajak anak berpuasa dengan sehat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melatih dan mengajarkan berpuasa agar anak tetap dalam kondisi prima:

Durasi berpuasa
Ketika mengenalkan puasa pada anak, mulailah dengan mengajaknya berpuasa selama beberapa jam dulu. Minggu berikutnya, tingkatkan masa waktu berpuasa menjadi setengah hari, di mana anak dapat berbuka di siang hari lalu lanjutkan berpuasa kembali hingga maghrib tiba. Jika kondisinya masih kuat, di minggu terakhir anak bisa dilatih untuk berpuasa hingga maghrib.

Istirahat yang cukup
Di bulan puasa, pastikan agar anak tetap mendapatkan waktu istirahat atau tidur yang cukup sekitar 10-12 jam sehari. Istirahat dan tidur cukup di perlukan agar tubuh dapat mengganti sel-sel yang rusak dan menata kembali memori dari informasi yang diterima otak anak.

Jangan abaikan gizi anak
Saat berpuasa, orangtua tidak boleh sembarangan mengabaikan nutrisi yang dibutuhkan anak-anak. Anak-anak mutlak perlu asupan karbohidrat, serat, vitamin dan kalsium yang tepat agar mereka tidak lemas menahan haus dan lapar. Maka dari itu, sajikanlah menu makanan yang lengkap dan seimbang dengan porsi yang tepat setiap harinya. Hindari makanan atau minuman yang asam, bersantan dan pedas agar tidak mengganggu dan meransang kerja lambung anak. Jangan biarkan anak mengonsumsi makanan secara berlebihan hingga membuatnya kekenyangan, karena membuat anak cepat merasa lelah, malas, mengantuk bahkan muntah. Jangan lupakan juga kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh anak. Banyak minum air putih saat berbuka dan makan saur dapat membantu anak Anda merasa segar dan bugar sepanjang hari.

Ajak anak untuk tetap beraktifitas
Usahakan anak tetap melakukan aktifitas fisik seperti olahraga ringan untuk merangsang metabolisme untuk pertumbuhan dan kebugaran. Namun, pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuannya dan jangan sampai aktifitasnya sama atau melebihi seperti saat tidak berpuasa.

Sumber gamabar : madujuara.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY