Agar Tidak Salah Kosmetik Remaja Perlu Tahu Tipe Wajahnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kulit wajah bisa dibilang menjadi hal pertama yang dinilai ketika melihat penampilan seseorang. Tak heran kalau remaja di mana ia sedang dalam fase krisis jati diri, terkadang menjadi frustasi karena masalah kulit yang dialaminya. Sebut saja kulit wajah berminyak dan berjerawat. Tak sedikit remaja yang memakai sembarang kosmetik dan bahkan gonta-ganti kosmetik karena kosmetik yang dipakai tak kunjung membuat kulit mulus seperti yang didamkan. Terkadang, kondisi kulit wajahnya justru menjadi semakin buruk. Para remaja sebaiknya berhati-hati dalam memilih produk kosmetik. Kosmetik bisa jadi bumerang bila penggunaannya tidak sesuai dengan jenis kulit. Untuk itu, sebelum membeli kosmetik, kenali dulu jenis kulitnya!

  • Normal

Mereka yang memiliki kulit normal bisa dibilang beruntung. Pasalnya, mereka dengan jenis kulit normal cenderung tak mudah berjerawat dan tak mudah bereaksi terhadap paparan iritan. Ini karena kulit normal memiliki keseimbangan kadar air dan minyak yang baik. Meski demikian, kulit normal tetap memerlukan perawatan. Cuci muka dua kali sehari adalah keharusan. Bila menggunakan sabun cuci muka, pilihlah yang berbahan ringan. Jangan lupa juga memakai pelembab setiap hari, dan dua minggu sekali melakukan perawatan masker. Akan lebih baik bila bahan masker berasal dari bahan alami.

  • Kering

Karena kadar minyak dan kelembaban minyak tidak dapat dipertahankan dengan baik, kulit kering cenderung terasa kaku atau kencang. Jenis kulit ini jangan dibiarkan karena lama kelamaan dapat membuat kulit menjadi kasar, gatal, dan bersisik. Oleh karenanya, mereka yang berkulit kering harus rajin mengoleskan pelembab sepanjang hari serta tidak mencuci muka secara berlebihan apalagi menggunakan sabun muka berbahan kimia keras.

  • Berminyak

Kulit berminyak umumnya mudah mengkilap karena produksi minyak yang berlebih. Mereka yang memiliki jenis kulit ini cenderung mudah berjerawat dan berkomedo karena pori-porinya lebih mudah tersumbat bakteri dan kotoran yang bercampur dengan minyak. Jika memiliki kulit berminyak, pilihlah produk perawatan bebas minyak (oil free) untuk mencegah penyumbatan pori-pori lebih lanjut. Ketika kulit meradang saat berjerawat, hindari menggunakan pembersih muka yang mengandung scrub karena dapat memperparah peradangan.

  • Kombinasi

Kulit kombinasi cenderung berminyak di area T (dahi, hidung, dan dagu), tapi kering atau normal di area lainnya. Mereka dengan jenis kulit ini biasanya berpori-pori lebar, berkomedo, dan tampak mengkilap di area T. Cara sederhana untuk merawatnya adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Bila perlu, gunakan sabun cuci muka, tapi yang berbahan dasar ringan. Gunakan pula pelembab dan produk perawatan lainnya yang berbahan dasar air yang sifatnya non-comedogenic.

  • Sensitif

Kulit sensitif cenderung mudah mengalami gejala iritasi, seperti gatal dan kulit memerah. Mereka yang memiliki kulit sensitif penting untuk mencari tahu dan menghindari faktor-faktor pemicunya. Bisa saja kulit menjadi iritasi karena alergi zat kimia tertentu. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit agar diketahui penyebab pastinya dan dokter pun dapat memberikan saran produk perawatan yang tepat.

Kosmetik sebetulnya bukan jaminan memiliki kulit wajah yang cantik. Lebih dari itu, penting agar para remaja sejak dini menerapkan juga pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, cukup minum, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. Ketika kondisi kesehatan secara menyeluruh dalam kondisi baik, kulit pun akan dalam keadaan sehat. Ini karena kondisi kulit merupakan cerminan kesehatan. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here