Agar Tubuh Terasa Ringan Setiap Hari

SehatFresh.com – Anda tentunya pernah merasakan di mana ketika bangun tubuh terasa begitu berat dan terasa lesu. Selain karena kemalasan, hal tersebut disebabkan oleh kelelahan dan pilihan makan yang buruk. Sebaliknya, ketika tubuh terasa ringan, Anda tentunya akan semangat menjalani hari dengan penuh energi. Tubuh yang segar dan bugar memungkinkan fisik kita untuk bisa menyelesaikan tugas sehari-hari dengan baik dan penuh semangat.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat tubuh terasa ringan setiap harinya.

  • Konsumsi serat
    Saluran pencernaan yang berfungsi dengan baik merupakan bagian integral dari tubuh yang ringan. Agar proses pembuangan limbah menjadi efektif, Anda dianjurkan mendapat asupan serat sebanyak 30 gram setiap harinya. Serat dapat diperoleh dari kacang-kacangan, buah dan sayuran, plum, gandum, kenari dan almond.
  • Banyak minum
    Semakin tinggi aktifitas Anda, akan semakin tinggi pula kebutuhan air bagi tubuh Anda.. Minuman yang sehat dan tidak beresiko pada kesehatan adalah air putih. Jangan terlalu sering minum kopi atau minuman yang bersoda. Air putih adalah pilihan yang paling baik.
  • Detoksifikasi
    Setiap hari tubuh terkena paparan radikal bebas yang berakibat buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, Anda harus peka akan kondisi dan kebutuhan tubuh, salah satunya dengan melakukan detoksifikasi secara berkala. Detoksifikasi secara berkala dapat membersihkan saluran pencernaan dan membuat Anda merasa lebih ringan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan detoksifikasi, di antaranya dengan mengonsumsi bahan makanan yang dapat memaksimalkan tubuh dalam melakukan pembuangan racun. Buah dan sayuran segar merupakan pilihan makanan yang baik untuk proses detoksifikasi karena nutrisinya mudah diserap tubuh dibanding makanan yang telah melalui proses pengolahan.
  • Berolahraga
    Perasaan lesu mungkin membuat Anda enggan untuk berolahraga. Padahal, berolahraga dapat membuat Anda lebih berenergi seiring tubuh berkeringat mengeluarkan racun dan melepaskan endorfin untuk meningkatkan suasana hati. Detak jantung yang meningkat akan meningkatkan asupan oksigen sehingga membuat Anda merasa lebih ringan. Agar tubuh tetap terasa ringan, lakukan olahraga setidaknya tiga kali seminggu selama satu jam pada suatu waktu.
  • Makan dengan benar
    Tubuh perlu makan (sarapan) di pagi hari. Maka dari itu, jangan melewatkannya atau menundanya sampai waktu makan siang karena alasan tidak sempat. Pilihlah bahan makanan segar dan bergizi untuk dikonsumsi. Mengonsumsi produk olahan, makanan tinggi gula dan minuman berkafein secara berlebihan membuat fungsi tubuh menjadi tidak optimal sehingga tidak menunjang energi secara maksimal. Selain itu, kunyahlah makanan Anda secara perlahan karena makan terlalu cepat menyebabkan udara menjadi terperangkap di dalam perut.
  • Tidur malam yang cukup
    Tidur malam merupakan istirahat yang sangat penting. Tidur malam memberikan kesempatan pada tubuh untuk istirahat setelah melakukan berbagai pekerjaan seharian. Tidur malam yang nyenyak dan berkualitas memungkinkan kesehatan tubuh tetap terjaga, yang mana tentunya juga membuat tubuh terasa ringan dan bugar ketika bangun pagi.

Sumber gamabar : obatpelangsingperut.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY