Air Hangat Tawarkan Banyak Manfaat

SehatFresh.com – Secangkir nikmat kopi atau teh hangat seringkali menjadi pilihan minuman di pagi hari. Sayangnya, saat minum air, banyak orang lebih memilih air yang dingin dan melupakan manfaat air hangat. Semua tahu kalau air sangat penting untuk tubuh. Baik itu air dingin atau air hangat, manfaat air yang paling utama adalah untuk menghidrasi tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa meminum air hangat terutama di pagi hari memberi manfaat lebih bagi kesehatan. Minum air hangat secara rutin dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya :

  • Menurunkan berat badan

Dr. Michael Wald, direktur pelayanan nutrisi dari Integrated Medicine and Nutrition, Mount Kisco, New York, menyebutkan dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga membantu meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membantu menurunkan berat badan. Meningkatnya metabolisme tubuh menyebabkan tubuh menggunakan lebih banyak kalori sepanjang hari sehingga membantu saluran pencernaan dan ginjal bekerja lebih efisien. Bahkan, banyak ahli diet meminta pasiennya untuk minum segelas air panas dengan lemon dan madu setiap hari untuk menurunkan berat badan.

  • Detoksfikasi

Air hangat dapat membantu mengusir racun berbahaya dari tubuh. Saat minum air hangat, temperatur tubuh akan meningkat sehingga tubuh mengeluarkan keringat beserta toksin di dalamnya. Untuk hasil yang maksimal, tambahkan perasan air lemon ke dalamnya.

  • Mengurangi infeksi

Air hangat dapat membantu meredakan infeksi yang Anda derita. Merebus air mengurangi jumlah organisme bakteri yang ditemukan dalam air sehingga dapat menurunkan risiko infeksi oportunistik. Meminum air hangat dapat meningkatkan sirkulasi ke saluran pencernaan dan menurunkan jumlah lendir di sinus, oesophagus dan saluran pencernaan serta menurunkan kemampuan virus, bakteri jahat atau jamur untuk tumbuh atau menginfeksi tubuh.

  • Meredakan sembelit

Minum air hangat adalah cara terbaik untuk meredakan sembelit. Minum segelas air hangat saat perut kosong sebaiknya diminum pada pagi hari. Pasalnya, ini dapat membantu meningkatkan gerakan usus serta meningkatkan hidrasi untuk menyembuhkan sembelit.

  • Meredakan batuk dan pilek

Minum air hangat membantu mengurangi sakit tenggorokan serta mencairkan lendir berlebih di kerongkongan. Anda juga bisa meminum minum air hangat disertai irisan jahe atau lemon. Cara ini dapat membantu meredakan penyakit batuk atau pilek dengan cepat.

  • Meredakan kram saat haid

Air hangat adalah obat rumah yang efektif untuk menyembuhkan kram menstruasi. Saat Anda mengalami kram perut menstruasi, perbanyaklah minum air hangat untuk membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan merilekskan otot-otot yang tegang.

Sumber gambar : cari-manfaat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY