Air Mani Encer Belum Tentu Mandul

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap sepasang suami istri setelah menikah mereka mendambakan kehadiran sang buah hati. Karena salah satu tujuan menikah yaitu untuk menambah keturunan. Tetapi apalah daya karna tidak semua orang yang telah menikah dan berpasangan dikaruniayi seorang anak, karena sebagian dari mereka ada yang tidak dapat memiliki anak. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari kesehatan reproduksi pria maupun wanitanya. Kondisi tersebut dalam dunia medis disebut dengan infertilitas atau mandul.

Pasangan yang mengalami infertilitas harus memeriksakan kesuburannya masing-masing, untuk mengetahui kesuburan dari wanita dan untuk mengetahui kesuburan dari pria juga. Di kalangan masyarakat ada rumor yang menyatakan bahwa air mani yang encer berarti pria tersebut mandul. Benerkah rumor yang beredar tesebut? Ataukah air mani yang encer belum tentu mandul?

Pada saat ejakulasi pria mengeluarkan 2 sampai 6 ml atau sekitar 0,5 sampai 1 sendok teh air mani. Apabila kurang dari itu ada kemungkinan sperma tidak cukup untuk membuahi sel telur. Selain itu bila lebih dari itu konsetrasi air mani akan menjadi encer. Takaran normal konsentrasi air mani setiap mililiter mengandung sekitar 15.000.000 air mani. Pergerakan air mani dalam standar normal minimal sekitar 32%, bergerak maju dalam garis lurus menuju sel telur wanita selama 1 jam setelah ejakulasi.

Kejantanan seseorang dikaitkan dengan fungsi seksual dalam arti kualitas hubungan orang tersebut, sedangkan kesuburan dikaitkan dengan masalah fertilitas. Fertilitas diartikan kemampuan seorang pria untuk membuahi sel telur wanita sampai wanita tersebut dinyatakan hamil. Sebagian pria memiliki air mani yang encer, sehingga hal ini sering dianggap bahwa pria tersebut mandul.

Anggapan seorang pria yang memiliki air mani encer tidak lah benar tetapi salah karena kemandulan bisa terjadi pada pria yang memiliki air mani encer dan dapat terjadi juga pada pria yang memiliki air mani kental. Karena kemandulan harus tetap dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk melihat kualitas air mani pria tersebut. Kualitas air mani seorang pria dilihat dari beberapa faktor seperti kecepatan gerak, kemampuan menembus sel telur, bahkan apabila jumlah air mani kurang dari batas normal belum tentu mandul, selagi air mani tersebut dapat bergerak dan mampu menembus sel telur tetap saja hal itu dikatakan air mani unggulan dan normal mesti jumlahnya kurang dibawah batas normal.

Pasangan yang di vonis mandul oleh dokter di Amerika sekitar 15%. Menurut catatan Fertility Fact mengatakan bahwa seluruh dunia mencacat pasangan yang tidak subur atau mandul sekitar 90 juta pasangan. Menurut American Society for Reproductive Medicine (ASRM), WHO dan American College of Obstetricians and Gynecologists menyatakan bahwa mereka sepakat kondisi infertilitas atau kemandulan di anggap sebagai penyakit.

Kemandulan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu buruknya kualitas sperma, terganggunya stabilitas hormon, saluran sperma mengalami penyumbatan, faktor psikologi, obesitas, kemoterapi, impotensi, pola hidup yang tidak sehat dan penyakit varikokel. Penyakit varikokel yaitu terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah vena yang terjadi didalam kantong zakar atau dalam istilah medis disebut dengan skrotum. Penyakit varikokel dapat mempengaruhi produksi sperma yang kurang kondusif. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here