Akar Penyebab Pria Tidak Bisa Ejakulasi

SehatFresh.com – Umumnya, pria akan mengalami ejakulasi (keluarnya air mani) setelah orgasme. Akan tetapi, ada beberapa yang tidak mengalaminya, ini merujuk pada kondisi yang disebut anejakulasi. Anejakulasi didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk ejakulasi. Dengan kondisi ini, seorang pria dapat menghasilkan sperma tetapi tidak dapat mengeluarkannya saat ejakulasi normal meskipun anejakulasi itu sendiri sering disertai dengan sensasi orgasmik normal.

Anejakulasi dapat dibagi menjadi beberapa kategori :

  • Anejakulasi situasional : Anejakulasi situasional adalah ketika seorang pria dapat berejakulasi dalam beberapa situasi. Seringkali, jenisanejakulasi ini disebabkanoleh stres. Misalnya, seperti ketika berada diklinik kesuburan dimana beberapa orang menjadi tegang karena diminta untuk memberikan sampel air mani mereka.Ketika seorang pria dapat ejakulasi selama hubungan seksual tapi tidak bisa ejakulasi melalui masturbasi(atau sebaliknya), maka ini juga dianggap situasional.
  • Anejakulasi total : Anejakulasi total adalah ketika seorang pria tidak pernah bisa ejakulasi baik selama hubungan seksual atau masturbasi. Jenis ini dibagi menjadi dua subtipe. Pertama, anejakulasi anorgasmik, yaitu ketika seorang pria tidak pernah bisa mencapai orgasme saat terjaga, tapi bisa mencapai orgasme dan ejakulasi saat tidur di malam hari. Faktor psikologis lebih sering disalahkan sebagai penyebabnya. Kedua, anejakulasi orgasmik, yaitu ketika seorang priabisa mencapai orgasme tetapi tidak dapat ejakulasi. Kegagalan ejakuasi ini bisa disebabkan¬†penyumbatan saluran atau kerusakan pada saraf, atau mungkin karena ejakulasi retrograde di mana sperma masuk ke kandung kemih bukannya keluar melalui ujung penis.

Anejakulasi juga dapat diklasifikasikan sebagai primer atau sekunder. Anejakulasi primer yaitu ketika seorang pria belum pernah mengalami ejakulasi seumur hidupnya, dan anejakulasi sekunder adalah ketika seorang pria tidak mampu ejakulasi tapi ia pernah mengalami fungsi seksual yang normal.

Anejakulasi terjadi ketika prostat dan saluran mani gagal melepaskan air mani ke dalam uretra. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa penyebab :

  • Cedera tulang belakang
  • Kondisi yang memengaruh isistem saraf(seperti penyakit Parkinson, multiple sclerosis, diabetes dan spina bifida)
  • Luka, trauma atau infeksi pada panggul atau area selangkangan
  • Operasi untuk kanker testisatau kanker lain yang membutuhkan pengangkatan kelenjar getah beningdi selangkangan
  • Operasi yang dapat menyebabkan kerusakan pada daerah panggul(seperti prostat, kandung kemih atau operasi perut yang dapat merusak atau melukai saraf)
  • Faktor hormonal dan psikologis seperti kecemasan, masalah perkawinan dan takut pasangan menjadi

Pria dengan anejakulasi masih berpeluang untuk memiliki anak. Pria dengan anejakulasi masih memproduksi sperma meskipun mereka tidak dapat mengalami ejakulasi air mani. Salah satunya, inseminasi buatan dapat membantu pasangan untuk bisa hamil.

Sumber gambar : foredikita.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY