Akibat Kebiasaan Dompet di Saku Celana Belakang atau Hip-pocket Syndrome Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pria terkenal sebagai mahluk yang simpel. Dalam berbagai hal pria cenderung melakukan sesuatu yang lebih mudah dan tidak merepotkan, mulai dengan cara berpakaian. Pria biasanya hanya memiliki beberapa pakaian yang cenderung itu-itu saja. Sedangkan wanita memiliki beragam mulai dari atasan, bawahan, sepatu dan tas yang sesuai, begitu pun dengan barang-barang bawaannya.

Jika wanita suka dengan tas-tas cantik untuk menaruh dompet dan kosmetik, maka pria hanya menaruh dompet di saku celana saja.

Namun tahukah Anda bahwa menaruh dompet di saku celana belakang atau yang dikenal dengan Hip-pocket syndrome bisa membawa pengaruh buruk yang mengancam kesehatan pria?

Hip- pocket syndrome atau yang selama ini diketahui sebagai kebiasaan menaruh dompet di saku belakang celana akan menyebabkan ganjalan saat duduk. Hal itu berbahaya karena bisa merusak bagian syaraf sciatic.

Selain itu duduk dengan mangantongi dompet di saku celana bagian belakang membuat posisi duduk menjadi miring. Posisi itu membuat ketidakseimbangan antara otot, tulang, dan sistem saraf. Panggul yang berusaha menjaga keseimbangan namun malah terjadi kurva kompensasi tulang belakang yang ridak sejajar. Hal tersebut mempengaruhi pergeseran bahu dan nyeri pada leher, punggung dan bahu.

Kebiasaan menaruh dompet di saku belakang bisa menyebabkan sakit punggung serta miringnya sumsun tulang belakang. Selama setengah jam saja Anda duduk dengan menduduki dompet di bagian belakang bisa menyebabkan terjadinya Sciatica. Jika terus menerus hal tersebut dilakukan, maka tentu saja akan mengganggu kesehatan dan performa Anda.

Untuk mencegah hal tersebut, tentu saja hindari menaruh dompet di saku belakang. Jika ingin duduk, pindahkan dompet tersebut di meja saja. Jika memang sangat terpaksa untuk mengantongi dompet di saku celana belakang, buatlah dompet menjadi setipis mungkin dengan tidak banyak meletakkan uang tunai di dompet. Atau kalau ingin lebih aman, pakailah sebuah tas kecil untuk menyimpan dompet dan barang- barang kecil Anda lainnya seperti sisir atau koin.

Jika sudah terlanjur bertahun- tahun Anda melakukan kebiasaan menaruh dompet di saku celana belakang dan mulai timbul keluhan sakit punggung dan lain sebagainya, sebaiknya cepatlah berkonsultasi kepada dokter atau ahli fisioterapi. Mereka akan memberikan saran mengenai apa yang harus Anda lakukan atau obat yang harus Anda konsumsi untuk bisa mengurangi sakit punggung Anda.

Demikian tadi informasi mengenai Hip-pocket syndrome. Setelah membacanya semoga Anda semakin berhati- hati untuk menaruh dompet di saku celana belakang, bila perlu menghentikan sama sekali kebiasaan tersebut demi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda dan kesehatan Anda. Informasikan hal ini kepada ayah, adik laki- laki dan semua lelaki yang Anda kasihi sebagai wujud peduli. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY