Akibat Kurang Air Putih Terhadap Kecantik

SehatFresh.com – Sekitar 75% tubuh manusia terdiri dari air. Air putih adalah cairan utama untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Air memainkan peran penting dalam pencernaan, sirkulasi darah, penyerapan nutrisi, dan pembuangan racun dalam tubuh. Sayangnya, mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya masih sering terabaikan. Bagi para wanita khususnya, tercukupinya kebutuhan air putih berdampak sangat besar terhadap kecantikan.

Kulit membutuhkan air agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. Oleh karenanya, minum cukup air putih setiap hari adalah salah satu cara untuk mengobati dan mencegah masalah kulit yang berhubungan dengan kesehatan maupun kecantikan. Agar kulit tetap sehat, Anda harus minum delapan hingga 12 gelas air putih setiap harinya. Jika kebutuhan ini sering terabaikan, keseimbangan cairan tubuh menjadi terganggu. Akibatnya, kesehatan dan kecantikan Anda yang akan dirugikan.

  • Kulit kering

Berada di cuaca dingin, berada di ruangan ber-AC terlalu lama, mandi dengan air panas terlalu sering bisa merusak lapisan lemak di permukaan kulit. Efek ini semakin parah ketika tubuh kekurangan cairan (dehidrasi), darah menjadi kental dan kekurangan air sehingga akan menarik air dari sel-sel kulit. Ini mengakibatkan kulit menjadi kering.

  • Komedo dan jerawat

Kulit kering memicu timbulnya jerawat. Kulit wajah orang yang kurang minum juga cenderung berkomedo. Kecukupan air putih berperan dalam pengontrolan kadar konsentrasi minyak alami pada wajah. Minum air putih setiap hari membantu mengecilkan pori-pori dan menyamarkan noda bekas jerawat.

  • Kulit kusam

Dampak buruk lain dari kurang minum air putih adalah kulit yang terlihat pucat dan kusam. Kecukupan cairan merupakan pendukung penting agar tubuh dapat melakukan mekanisme peluruhan racun-racun dalam tubuh secara optimal. Ketika tubuh kekurangan cairan, mekanisme ini menjadi tidak efisien dan pada akhirnya merugikan penampilan kulit.

  • Kulit kurang elastis

Kelembaban kulit akan senantiasa terjaga secara alami jika kulit ternutrisi dari dalam, salah satunya dengan air. Kecukupan air putih membuat sel-sel kulit terhidrasi dengan baik. Sel kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih terjaga elastisitasnya sehingga kulit akan tampak lebih kencang dan awet muda. Ketika kekurangan cairan, kulit menjadi kurang elastis. Akibatnya, banyak kerutan yang muncul di wajah, yang menjadi tanda penuaan dini.

  • Lingkaran hitam pada mata

Kurang minum air putih juga membuat mata cekung dan area sekitarnya tampak lebih gelap. Ini karena lingkaran hitam pada mata bisa muncul akibat penumpukan lemak dan racun. Seperti telah disebutkan bahwa air putih bermanfaat untuk pembuangan racun tubuh yang optimal. Ketika tubuh dapat melarutkan lemak dan membuang racun secara efisien, mata juga mendapatkan manfaat baiknya.

  • Bibir pecah-pecah

Kecukupan cairan membuat bibir lebih terjaga kesehatannya. Bibir yang sehat semakin menyempurnakan penampilan, Tetapi, bila Anda malas minum air putih, bibir cenderung kering dan menjadi pecah-pecah.

  • Rambut dan kuku kusam

Manfaat air putih untuk kecantikan tidak hanya tampak pada kesehatan kulit saja. Air putih juga membuat rambut dan kuku lebih sehat dan berkilau. Bila Anda malas minum air putih, maka kesehatan rambut dan kuku Anda juga dirugikan.

  • Badan melar

Air putih berfungsi melarutkan lemak dalam tubuh. Percaya atau tidak, malas minum air putih membuat berat badan bertambah. Efek ini akan lebih parah bila Anda sering makan berat dalam porsi yang besar dan tidak diimbangi dengan rutin berolahraga. Kurang minum air putih mengakibatkan metabolisme menjadi kurang optimal sehingga akan lebih banyak lemak menumpuk dalam tubuh. Oleh karenanya, jangan malas lagi minum air putih dan kurangi konsumsi minuman manis atau berkafein.

Sumber gambar : www.klinikdrindrajana.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY