Akibat yang Ditimbulkan Karena Terlalu Banyak Duduk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di zaman yang serba modern ini, banyak inovasi diciptakan untuk mempermudah hidup kita. Mulai dari membeli barang di toko online, mencuci dengan mesin cuci, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut membuat kita jadi malas bergerak dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk. Belum lagi jika pekerjaan kita memang memerlukan lebih banyak waktu untuk duduk, seperti karyawan akunting, animator, penjahit dan lain sebagainya. Padahal terlalu banyak duduk mempunyai dampak yang tidak baik terutama bagi kesehatan Anda. Apa saja akibat yang ditimbulkan dari duduk yang terlalu lama? Simak penjelasan di bawah ini:

  • Menumpukknya lemak di perut

Hal ini tentu saja menjadi momok sendiri bagi Anda yang ingin memiliki tubuh ramping dan sehat. Duduk terlalu lama tanpa banyak bergerak akan membuat tubuh menjadi kesulitan membakar lemak. Padahal tentu saja kita tahu, asupan makanan yang kita konsumsi tiap hari diperlukan sebagai energi agar tubuh bisa beraktifitas. Namun, jika tidak banyak aktifitas dilakukan, maka kita tidak memerlukan energi yang banyak dan lemak dari makanan tersebut akan menumpuk di perut.

Jika lemak menumpuk dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin akan menimbulkan efek yang berbahaya pada tubuh Anda seperti timbulnya penyakit kanker, diabetes, dan jantung koroner.

  • Terjadinya degenerasi otot

Jika kita berolahraga dan melakukan aktifitas lain, maka itu bisa mengencangkan otot terutama otot perut Anda. Namun, jika Anda kurang bergerak dan kurang melakukan aktifitas yang lain termasuk saat duduk ini, otot Anda akan mengendur sehingga terjadi pelemahan otot.

Jika Anda sering mengalami gangguan sakit pinggang, coba ingat lagi, mungkin saja Anda terlalu banyak duduk. Sakit pinggang tersebut terjadi karena otot di pinggang mengalami kaku akibat kurang bergerak. Jangan sepelekan sakit pinggang, karena keluhan tersebut bisa menurunkan mobilitas otot pinggang yang menyebabkan Anda tiba- tiba terjatuh saat berjalan tanpa adanya sebab apapun.

  • Kemampuan otak yang menurun

Anda yang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk, entah itu untuk bekerja atau apapun maka perlu mewaspadai dampak yang satu ini. Kurangnya asupan darah dan oksigen ke dalam otak akan membuat kemampuan otak menurun. Sedangkan asupan darah dan oksigen tersebut bisa Anda dapatkan dari melakukan aktifitas sehari- hari seperti berjalan dan berolahraga.

Selain efek yang tidak baik bagi kesehatan, terlalu banyak duduk membuat Anda kurang memiliki waktu untuk bercengkerama dengan teman- teman di lingkungan sekitar. Memang bekerja adalah kewajiban yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Anda, namun sosialisasi dengan lingkungan sekitar adalah hal yang tak kalah penting untuk menyeimbangkan hidup Anda. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here