Aktivitas Mudah yang Mampu Membakar Kalori Tubuh Secara Efektif

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang ingin memiliki tubuh yang ideal yaitu antara tinggi badan dan berat badan sesuai. Tetapi tidak semua orang berhasil mewujudkan keinginannya tersebut, pola makan dan pola hidup yang tidak sesuai menjadikan seseorang menjadi tubuhnya tidak ideal.

Apabila kelebihan kalori tidak hanya meningkatkan resiko obesitas tetapi memicu faktor terjadinya penyakit-penyakit yang lain. Selain itu kelebihan kalori juga membuat penampilan seseorang tidak percaya diri. Untuk itu berbagai cara dilakukan orang agar memiliki tubuh yang ideal.

Apapun program diet yang telah dilakukan dan seberapa banyak pun uang yang telah dikeluarkan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal karena tidak dijadikan sebagai kebiasaan atau pola hidup sehari-hari. Alangkah baiknya apabila hal yang dilakukan untuk upaya membakar kalori dijadikan sebagai pola hidup sehat.

Olahraga merupakan suatu hal yang menjadikan tubuh bergerak. Selain itu olahraga dapat membuat sistem metabolisme menjadi lancar, sehingga proses penyerapan dan ekskresi tubuh menjadi efektif dan efisien. Berikut ini beberapa aktivitas yang efektif bisa membakar kalori diantaranya sebagai berikut :

  1. Lari. Dalam waktu 1 jam berlari dapat membakar kalori 900 – 1500. Tetapi harus hati-hati agar tidak cidera. Hal ini bisa dilakukan dengan berjalan atau jogging.
  1. Senam aerobik. Senan aerobik dianggap olahraga yang cepat membakar lemak dan baik untuk kesehatan jantung, senam aerobik apabila dilakukan 60 menit dapat membakar lemak 330 kalori.
  1. Berenang. Berenang merupakan aktivitas yang dianggap paling aman untuk membakar kalori. Dengan bersepeda anda telah menurun kan 500 -800 kalori perjamnya.
  1. Bersepeda. Dalam waktu 1 jam dengan bersepeda bisa membakar kalori 850 – 1000, selain itu dengan bersepeda berarti anda telah melatih otot kaki.
  1. Lompat tali. Lompat tali apabila dilakukan oleh wanita dapat membakar kalori 750 perjam. Sedangkan apabila dilakukan oleh pria dapat membakar kalori 850 perjam.
  1. Badminton. Badminton merupakan olahraga yang menggunakan raket dan dilakukan oleh dua orang ternya olahraga ini bisa membakar kalori sebanyak 600 – 900 perjamnya.
  1. Bela diri. Jenis bela diri berupa karate, tae kwon do, dan pencak silat bisa membakar kalori 700 – 1100 perjamnya.
  1. Naik tangga. Naik tangga merupakan jenis aktivitas yang murah meriah yang dapat membakar kalori 650 – 900 perjamnya.
  1. Sepak bola. Sepakbola sebagian dilakukan dengan berlari, setiap jamnya sepak bola mampu membakar kalori sebanyak 900 – 1400.

Selain itu makan-makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan juga bisa membantu sistem pencernaan mu menjadi lancar. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here