Aktivitas Peningkat Mood Selama Kehamilan

SehatFresh.com – Selama kehamilan, ibu hamil akan mengalami fase di mana tingkat emosi menjadi tidak stabil. Kadar hormon yang berfluktuasi, perubahan tubuh, kelelahan, ketidaknyamanan fisik dan pergolakan emosional terkait kesiapan menjadi calon ibu merupakan beberapa hal yang bertanggung jawab terhadap masalah ini. Menurut American Pregnancy Association, mood ibu hamil yang tidak stabil ini memuncak pada enam sampai 10 minggu pertama dan trimester terakhir. Untuk solusinya, pendekatan proaktif dapat membantu ibu hamil menjadi lebih tenang menghadapi berbagai hal yang mengiringi proses kehamilan.

  1. Olahraga

Hanya dengan 10 menit berjalan kaki saja, dapat membangkitkan semangat. Kenapa? Karena olahraga memberi keuntungan terkait pelepasan serotonin (hormon peningkat suasana hati) serta mengurangi stres. Olahraga ringan lainnya yang dapat ibu hamil lakukan adalah berenang dan yoga. Yoga tidak hanya menawarkan manfaat fisik dari olahraga, tetapi juga efek menenangkan terhadap pikiran. Olahraga dapat membantu melepaskan emosi, membuat perasaan lebih rileks dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

  1. Jalin komunikasi

Akan memiliki bayi mungkin membawa perubahan yang sangat besar dalam hidup Anda. Kekhawatiran tentang hubungan dengan suami, keuangan atau kesiapan menjadi ibu akan turut memengaruhi suasana hati Anda. Maka dari itu, jalinlah komunikasi yang baik dengan pasangan, mintalah saran teman atau berkonsultasilah engan dokter tentang segala ketakutan yang menjadi beban pikiran Anda.

  1. Banyak membaca

Membaca informasi tentang kehamilan itu penting, tetapi perlu juga untuk memilih sumber mana yang bisa dipercaya. Jangan langsung, mengatakan “ya” pada informasi yang diterima di forum atau milis. Lebih baik cari beberapa referensi buku atau artikel yang ditulis sesuai fakta dan dukungan medis. Ini berguna untuk mengurangi kekhawatiran ibu hamil terkait kondisi bayinya.

  1. Lakukan hal yang menyenangkan

Ketika ibu hamil merasa down, lakukanlah sesuatu atau hobi yang disukai. Pergilah untuk nonton film, belanja atau hal lainnya yang dapat membuat ibu merasa lebih baik. Pergi keluar untuk makan siang dengan seorang teman juga merupakan ide yang baik.

  1. Makan makanan sehat

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi tubuh meningkat. Pola makan yang buruk dapat menyebabkan depresi atau mood swing. Untuk meningkatkan mood, makanlah makanan yang mengandung biji-bijian dan protein, seperti keju dan biskuit gandum, atau yogurt dan granola. Minum juga minimal 8 gelas cairan setiap harinya. Karena dehidrasi juga diduga dapat menyebabkan iritabilitas dan depresi.

Umumnya, wanita yang pertama kali hamil mudah percaya pada apa yang dikatakan oleh mereka yang sudah pernah melahirkan. Ada pendapat yang memang bisa diiyakan, tetapi tidak semua perkataan mereka harus dituruti jika memang membuat kurang nyaman. Lebih baik tanyakan langsung pada ahlinya, seperti bidan atau dokter kandungan. Penting juga untuk segera berkonsultasi pada dokter atau konselor jika ibu mengalami perubahan pada tidur dan kebiasaan makan, atau kecemasan berlebih.

Sumber gambar : www.argaaditya.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY