Aktivitas yang Membuat Sperma Lemah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Untuk pria yang menginginkan memiliki anak, kualitas sperma sangatlah penting. Sperma yang lemah memperkecil kemungkinan terjadinya pembuahan sel telur. Gangguan kesuburan karena sperma yang lemah dapat disebabkan oleh pola makan tidak sehat atau jarang berolahraga. Di sisi lain, beberapa aktivitas atau kebiasaan yang dilakukan sehari-hari juga tanpa disadari dapat melemahkan sperma yang Anda produksi. Aktivitas apa saja?

  • Duduk terlalu lama

Penelitian dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa pria yang menonton TV lebih dari 20 jam seminggu memiliki kadar sperma 44 persen lebih sedikit daripada orang-orang yang menonton TV kurang dari waktu tersebut. Hasil ini diperoleh dengan membandingkan sampel sperma dari 189 laki-laki (usia 18 sampai 22 tahun) dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan di depan TV dalam satu minggu. Penurunan sperma akibat hal ini diyakini berasal dari duduk berlebihan, karena peserta yang berolahraga secara teratur memiliki kadar sperma 73 persen lebih banyak daripada mereka jarang olahraga. Tidak hanya karena nonton TV, duduk terlalu lama karena harus menempuh jarak yang jauh saat berkendara (baik itu menggunakan motor atau mobil) juga dapat membuat sperma menjadi lemah. Hal ini semakin diperparah dengan peningkatan suhu dari jok kendaraan yang diduduki ditambah panas dari mesin kendaraan.

  • Kebiasaan merokok

Tidak hanya merusak paru-paru, merokok juga dapat melemahkan sperma. Kebanyakan pria dengan penyebab ketidaksuburan yang tidak diketahui ternyata memiliki kebiasaan merokok. Untuk mencapai dan membuahi sel telur wanita, sel sperma harus bergerak dan berenang melewati saluran reproduksi wanita. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa pria yang merokok cenderung memiliki motilitas (kemampuan berenang) sperma yang lebih buruk dan kuantitas sperma yang lebih sedikit dibandingkan dengan pria yang bukan perokok.

  • Kebiasaan minum alkohol

Tidak jauh beda dengan rokok, alkohol bukan sahabat yang baik untuk sistem reproduksi. Konsumsi alkohol berlebihan dapat menghancurkan sel-sel sehat yang berperan dalam produksi sperma serta menurunkan kadar hormon testosteron. Padahal, hormon ini bertanggung jawab untuk produksi sperma.

  • Memangku laptop di paha

Suhu panas sejak lama diketahui dapat menurunkan kualitas sperma. Ketika ditempatkan dekat alat kelamin, panas dari laptop dapat melemahkan sperma. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan hal ini. Panas dari laptop dapat menjalar ke area penis hingga testis. Jika suhu kantung testis (skrotum) dan testis menjadi lebih panas, kualitas sperma yang diproduksi menurun. Posisi paha yang merapat terlalu lama dapat semakin meningkatkan suhu pada testis, yang pada gilirannya semakin melemahkan sperma.

  • Berendam di air panas

Mandi uap (sauna) ataupun berendam dalam air panas terlalu lama dapat menyebabkan infertilitas sehingga memperkecil peluang memiliki keturunan. Sama halnya dengan kebiasaan memangku laptop, paparan suhu yang cukup tinggi dari air atau uap panas dapat meningkatkan suhu di daerah testis sehingga sperma yang dihasilkan cenderung lemah.

  • Menyimpan ponsel di kantong celana

Ponsel memancarkan radiasi dalam bentuk gelombang elektromagnetik, yang berdampak buruk pada sel-sel yang diperlukan untuk produksi sperma dalam testis. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa paparan radiasi yang berasal dari ponsel dapat meningkatkan kadar radikal bebas dalam sperma. Radikal bebas inilah yang membuat sperma menjadi lemah. Maka dari itu, simpanlah ponsel Anda di tas, bukan di kantong celana, agar kesehatan reproduksi Anda tidak sampai dirugikan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY