Alasan atau Penyebab Sering Mengantuk Setelah Makan Siang

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjalani aktivitas dari pagi hingga siang baik di kantor atau tempat kerja lainnya memang melelahkan. Rasa lelah muncul karena energi yang anda dapatkan saat sarapan sudah dihabiskan selama aktivitas tersebut. Sehingga saat siang anda juga membutuhkan asupan makanan.

Pada dasarnya makan siang merupakan momen dimana untuk mengembalikan energi yang hilang dengan beberapa asupan nutrisi. Tapi tak jarang kebanyakan orang justru mengeluh merasa mengantuk setelah menyantap makan siang mereka. Sungguh aneh bukan? Seharusnya mereka berenergi karena asupan nutrisi tetapi justru sebaliknya mereka mengantuk. Meski aneh tapi sesungguhnya ini hal yang wajar dialami semua orang karena hal tersebut ada alasannya mengapa orang merasa mengantuk setelah makan siang. Alasan atau penyebab sering mengantuk setelah makan siang adalah:

  1. Meningkatnya kadar melatonin dan serotonin

Setelah makanan masuk ke dalam tubuh, tubuh akan menghasilkan enzim untuk menghancurkan bahan makanan. Proses tersebut akan membuat kadar gula dalam darah meningkat. Akibatnya pankreas akan melepaskan insulin ke darah. Insulin tersebut akan memicu meningkatnya kadar serotonin dan melatonin dalam otak sehingga anda akan merasa mengatuk setelah makan siang.

  1. Jenis makanan yang anda konsumsi

Selain energi yang terkuras, waktu makan siang anda akan berkonsentrasi dengan rasa lapar sehingga semua makanan ingin disantap tanpa mempertimbangkannya. Beberapa jenis makanan yang dapat membuat anda mengantuk setelah makan siang adalah makanan dengan tinggi karbohidrat seperti nasi dan roti. Makanan dengan tinggi lemak juga menyebabkan kantuk.

  1. Terlalu banyak makan

Selain jenis makanan yang tak anda pertimbangkan, seringkali saat makan siang anda merasa kalap sehingga porsi yang dimakanpun lebih banyak. Terlalu banyak makan akan membuat anda terlalu kenyang sehingga memicu tubuh untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang besar, namun pankreas tidak dapat memenuhinya. Oleh karena itu tubuh meresponnya dengan mengantuk.

  1. Minum minuman berkafein

Anggapan minum minuman berkafein akan membuat anda mengantuk ternyata tak sepenuhnya benar. Hal itu dibuktikan oleh penelitian di thailand bahwa mengosumsi minuman berkafein pada pagi dan siang hari akan menyebabkan rasa mengantuk.

  1. Kebiasaan tidur

Jika anda termasuk orang yang susah tidur di malam hari, maka alasan anda mengantuk setelah makan siang disebabkan karena kurang tidur di malam harinya. Setelah makan siang tubuh akan merasa nyaman sehingga mengantuk dan tertidur.

  1. Kondisi kesehatan

Beberapa penyakit yang diderita seseorang ternyata ada yang menyebabkan sering mengantuk setelah makan siang. Penyakit tersebut seperti diabetes dan juga anemia. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY