Alasan Makanan Olahan Tidak Sehat untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda pasti sering sekali menjumpai makanan olahan di supermarket atau di pasar biasa, dengan berbagai kemasan merek dagang yang di perjualkan. Tidak heran banyak sekali ibu-ibu atau masyarakat yang lebih menyukai makanan olahan dibalik harganya yang murah juga praktis untuk segera di konsumsi. Pastinya anda pun pernah membelinya, tetapi apakah anda tahu makanan olahan baik untuk kesehatan atau tidak?

Pada pembahasan artikel sebelumnya telah kita bahas tentang pengertian makanan olahan. Makanan olahan yaitu jenis makanan yang telah melewati pengolahan atau proses tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan. Proses ini sengaja dilakukan untuk menjadikan makanan lebih banyak, rasa yang lezat dan pastinya akan lebih bertahan lama.

Makanan yang diproses menjadi makanan siap saji atau daging olahan memang membuat anda lebih praktis. Sebagian besar makanan olahan tersebut mengandung garam, penguat rasa serta pengawet sehingga kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan dan umumnya tidak mengandung vitamin dan serat. Makanan olahan yang menjadi dampak buruk bagi kesehatan yaitu :

  1. Makanan olahan yang mengandung gula tinggi

Kadar gula yang terlalu tinggi dalam tubuh akan merugikan kesehatan anda, karena  gula dapat menambah kalori yang masuk dalam tubuh sehingga akan menaikan berat badan anda. Dapat menyebabkan diabetes.

  1. Makanan olahan yang mengandung garam tinggi

Makanan yang di awetkan pastinya mengandung garam(natrium) yang tinggi sehingga akan merugikan kesehatan anda, dapat menyebabkan hipertensi.

  1. Makanan olahan mengandung lemak tinggi

Selain gula, garam juga lemak yang tinggi dapat menyebabkan kadar lemak yang  tinggi dan berisiko penyebab penyakit jantung.

  1. Makanan olahan rendah gizi

Pada kasus yang telah ditemukan melalui proses panjang banyak sekali makanan yang diolah justru termasuk rendah gizi. Sehingga nutrisi yang terdapat pada makanan olahan berkurang.

  1. Makanan olahan cenderung rendah serat

Serat dalam tubuh kita akan berkurang, karena jika tubuh mengakami kekurangan serat maka akan bermasalah pada proses pencernaannya. Serat juga dapat mejadi bakteri baik dalam usus.

  1. Makanan olahan mengandung bahan buatan

Makanan olahan memang banyak sekali yang mengandung banyak bahan buatan seperti bahan kimia. Karena bahan tersebut digunakan untuk tujuan tertentu yang tidak sehat dikonsusmsi untuk tubuh anda. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here