Alasan Mengapa Seseorang Tidak Bisa Berhenti Makan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap hari makhluk hidup memerlukan asupan nutrisi untuk mempertahankan hidupnya. Makan dan minum merupakan kebutuhan mutlak setiap makhluk hidup. Karena makan merupakan suatu proses dimana tubuh kita merasa lapar serta membutuhkan asupan nutrisi. Makanan yang tepat menurut para ahli yaitu 4 sehat 5 sempurna bagi manusia. Porsi dan pola kebutuhan nutrisi seseorang tentunya akan berbeda dengan orang lain. Ada yang memiliki nafsu makan yang kurang dan ada yang memiliki nafsu makan yang berlebih. Apa saja alasan seseorang tidak bisa berhenti makan?

  1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab mengapa seseorang tidak bisa berhenti makan karena bila terjadi dehidrasi tubuh akan merasa lelah dibandingkan dengan biasanya, sebagai gantinya untuk menghilangkan rasa letih tersebut maka tubuh membutuhkan kalori. Hal tersebut merupakan suatu kondisi untuk merangsang perasaan ingin makan. Menurut pernyataan Alissa Rumsey dari Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa pada saat dehidrasi dimana kondisi hipotalamusa akan mengalami sensasi ingin mengambil makanan.

  1. Ketidakseimbangan hormon

Menurut seorang asisten profesor dari Rutgers University yaitu Zhiping pang menyatakan bahwa apabila anda mengalami kondisi dimana anda makan secara berlebih maka kondisi tersebut dikategorikan gangguan pada syaraf psikiatrik. Menurut journal cell reports menemukan sebuah fakta yang diteliti pada tikus menyatakan bahwa pada saat sistem saraf pusat mengalami penurunan hormon glukogon-like peptide-1 maka tikus tersebut akan makan secara berlebihan.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan penyebab umum terjadinya makan berlebihan. Apabila anda terbiasa dengan pola tidur yang tidak beraturan otomatis pola makan dan sistem pencernaan juga akan menjadi kacau. Hal ini disebabkan terjadinya peningkatan kortisol yang merangsang rasa lapar.

  1. Sarapan manis

Sarapan merupakan sebuah aktivitas yang baik di pagi hari sebelum melakukan aktivitas agar tubuh tidak menjadi lesu. Akan tetapi apabila anda memulai sarapan dengan yang manis akan membuat anda terus merasa lapar meskipun anda baru saja makan.

  1. Terlalu sering makan diluar

Pada saat anda makan diluar tentunya porsi makanan yang disajikan akan lebih banyak dibandingkan dengan porsi anda pada saat makan dirumah. Dan pada saat anda makan diluar tentunya banyak menu makanan yang ingin anda makan dan cicipi. Hal ini memicu anda makan dalam jumlah banyak dan tidak bisa berhenti makan karena anda telah di ajarkan untuk tidak membuang makanan.

  1. Menguyah permen karet

Bagi anda yang memiliki hobi menguyah permen karet, hobi tersebut dapat merangsang nafsu makan yang sulit untuk berhenti. Hal tersebut akan memerintahkan anda untuk segera mencari makanan kecil. Kebiasaan tersebut sebaiknya diganti dengan minum air putih.

  1. Terlalu banyak menonton film

Pada saat menonton film tentunya kebiasaan ini sulit untuk di pisahkan dengan kebiasaan ngemil. Terlalu banyak menonton film akan merangsang adrenalin yang dapat merangsang rasa lapar. Terutama jika anda memiliki kebiasaan menonton film di malam hari akan merangsang tubuh anda menginginkan gula dan karbohidrat sepanjang hari karena anda telah melewatkan waktu tidur anda dimalam hari. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here