Alasan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis Cepat Haus

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah anda termasuk orang yang gemar makan atau minum yang manis-manis? Makanan atau minuman manis memang selalu menggoda karena rasanya yang lezat. Tapi mungkin anda sering mengeluh dan mempertanyakan kenapa setelah minum atau makan yang manis membuat anda cepat merasa haus. Apa yang terjadi sebenarnya?

Rasa haus sebenarnya normal saja karena haus merupakan respon tubuh ketika tubuh mebutuhkan cairan karena keadaan tertentu. Lalu bagaimana dengan cepat hausnya orang yang makan dan minum minuman yang manis?

Cepat haus setelah minum dan makan makanan yang manis terjadi karena di dalam tubuh terjadi lonjakan glukosa pada darah. Lonjakan tersebut terjadi karena gula dalam makanan atau minuman manis tersebut telah masuk dalam darah. Jika gula atau glukosa telah sampai ke aliran darah maka anda akan merasa haus.

Saat anda mengonsumsi makanan atau minuman manis di dalam tubuh akan terjadi suatu proses yang disebut dengan osmolaritas. Osmolaritas adalah proses melarutkan molekul gula dalam cairan. Selain proses osmolaritas, jika kadar glukosa dalam darah sudah terlalu banyak, maka orak anda akan memantau kondisi konsentrasi darah agar tetap normal. Jika glukosa terlalu banyak maka sel tubuh akan mengirimkan sinyak ke otak agar memberikan sinyal haus pada anda karena tubuh membutuhkan cairan yang banyak untuk proses-proses tersebut. Hal inilah yang membuat anda cepat haus setelah mengonsumsi minuman dan makanan yang manis.

Saat anda haus akibat makanan dan minuman yang manis sebaiknya minum air putih saja. Jangan minum minuman dingin tapi manis karena akan tetap membuat anda haus atau bahkan lebih haus lagi.

Cepat haus juga tidak boleh anda remehkan. Kondisi cepat haus bisa menjadi tanda bahwa anda memiliki gangguan pada tubuh seperti menderita penyakit diabetes. Kondisi haus yang mengidentifikasikan pada gangguan kesehatan biasanya disertai tanda lain seperti kelelahan, penglihatan kabur, adanya perubahan frekuensi buang air kecil setiap hari. Jika anda mengalami tanda-tanda tersebut sebaiknya segera pergi ke dokter agar cepat diberi penanganan yang tepat.

Itulah penjelasan mengenai alasan mengonsumsi makanan dan minuman manis cepat haus. Sebenarnya tidak salah jika anda suka makan dan minum minuman yang manis tapi jangan sampai berlebihan kadarnya sehingga tidak memaksa tubuh hingga membutuhkan tambahan cairan yang berlebih. Dengan membatasi atau mengontrol asupan makanan dan minuman yang manis juga akan berdampak baik bagi kesehatan anda. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here