Alasan Orang Tua Perlu Mengajak Anak Liburan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebuah survei terbaru telah dilakukan oleh The Adventure Company yang menunjukkan bahwa mengajak anak pergi liburan ternyata bisa meningkatkan kecerdasan mereka dan mengembangkan keterampilan sosial. Survei online yang dilakukan Januari sampai April 2013 di Inggris dengan melibatkan lebih dari 4.000 orang tua, menghasilkan 9 dari 10 orang tua mengatakan liburan sangat bermanfaat bagi pendidikan anak.

Claire Wilson, seorang mantan guru yang juga direktur pelaksana The Adventure Company mengungkapkan: “Sekolah memang penting, namun proses belajar tak hanya dilakukan di sekolah. Mengajak anak untuk pergi berlibur dengan melihat alam secara langsung bisa membantu mengenalkan anak terhadap budaya yang berbeda”.

Sebanyak 76 persen orang tua mengatakan bahwa berlibur akan membantu meningkatkan kepercayaan diri anak, dan sebanyak 66 persen melihat perubahan dalam diri anak untuk bisa mentoleransi perbedaan. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mengajak anak berlibur.

Beberapa alasan mengapa kita harus berlibur:

  1. Untuk Menghilangkan Stress

Liburan adalah salah satu wahana untuk beristirahat menenangkan segala aktivitas kita. Selain itu, aktifitas liburan dapat digunakan untuk memompa kembali semangat dan tenaga untuk kembali melakukan aktifitas sehari-hari.

  1. Anak Bisa Memperoleh Pengalaman yang Nyata

Alasan ini jelas saja untuk bisa memberikan pengalaman pada Bumi. Supaya mereka bisa belajar dan tahu, pada dasarnya anak hidup dalam lingkungan yang berlatar belakang agama berbeda. Arena bermain dan belajar di outdoor seperti ini memang sangat cocok sekali untuk memberikan berbagai materi tentang rumah ibadat untuk anak-anak. Dengan begitu, anak-anak akan bisa menangkap sesuatu secara cepat saat melihatnya secara langsung. Rata-rata anak pada usia 7-12 tahun masih sangat perlu untuk mengembangkan kecerdasan kognitifnya. Dimana yang dalam tahapan ini anak perlu untuk belajar supaya bisa berpikir dengan logis melalui peristiwa-peristiwa yang konkrit atau nyata.

  1. Melatih Rasa Empati dan Toleransi

Dengan cara mengikuti Wisata Rumah Ibadat misalnya, anak-anak tidak hanya mendapatkan teman baru sesuai dengan latar belakang agama yang begitu beragam. Jadi ketika melakukan Wisata Rumah Ibadat ini memang disarankan untuk mengambil dari  semua agama. Harapannya, agar anak-anak juga dapat belajar untuk toleransi walaupun agama mereka tidak sama.  Dengan cara yang demikian anak belajar untuk menghargai perbedaan.

  1. Menambah ilmu pengetahuan

Dengan melakukan sebuah kegiatan atau perjalanan, anak-anak juga bisa memiliki banyak ilmu pengetahuan. Misal dengan mengunjungi arena bermain dan belajar seperti halnya museum.

Jadi, liburan tidak hanya melulu dalam rangka mencari kesenangan dan menghamburkan uang. Tetapi juga menambah pengalaman dan wawasan pada anak kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here