Alasan Posisi Duduk W Tidak Dianjurkan untuk Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi orangtua yang memiliki anak kecil, informasi berikut ini layak untuk disimak. Tanpa disadari orangtua terkadang menghiraukan hal-hal kecil dalam aktivitas keseharian anak yang salah satunya adalah duduk dengan posisi W. Sudah tahukah pembaca bahwa duduk dengan posisi W tidak diperkenankan untuk anak-anak?

Kenapa anak senang duduk dengan posisi W?

Tidak dipungkiri jika banyak anak-anak yang justru merasa nyaman dengan posisi duduk menyerupai huruf W saat bermain. Bagi sebagian anak posisi duduk W tersebut dianggap cukup nyaman. Dengan posisi duduk seperti itu, aktivitas anak saat bermain jadi tidak terganggu.

Anak-anak yang kerap melakukan posisi duduk W, biasanya terlahir dengan bentuk lutut yang lebih mengarah ke dalam. Alhasil posisi duduk W ini sering dilakukan guna memberikan rasa nyaman karena menyesuaikan bentuk lututnya.

Anak-anak yang lainnya memilih untuk duduk dengan posisi W karena lebih stabil, sehingga membuat tubuh lebih fleksibel. Anak dapat memutar badannya untuk mengambil mainan, yang terdapat pada bagian belakang atau samping.

Posisi duduk W mengandung resiko

Namun orangtua harus mengetahui jika posisi duduk W sebenarnya tidak baik untuk pertumbuhan anak. Beberapa ahli berpendapat jika posisi duduk W dapat memberikan beban yang berlebih pada area panggul dan lutut anak.

Alhasil risiko negatif yang muncul adalah dapat menyebabkan cedera sendi. Terlebih untuk anak-anak yang mempunyai gangguan kesehatan pada tulang kaki. Tentu  saja posisi seperti ini dapat memperparah kondisi kesehatannya.

Apa yang harus dilakukan orangtua?

Anak tentu saja bisa mengalami apa yang sedang dirasakannya. Jika memilih duduk dengan posisi W saat sedang bermain, itu berarti anak tidak merasakan sakit pada area panggul atau lututnya. Sesekali biarkan anak duduk dengan posisi demikian, karena mungkin cara itu bisa membuatnya nyaman.

Namun orangtua memiliki peran untuk tetap mengawasi perilaku anak dalam keseharian. Ingatkan anak untuk tidak terlalu sering berposisi duduk W karena bisa berpengaruh pada kesehatannya dalam jangka panjang.

Terlebih jika si anak mempunyai kelainan khusus seperti bagian kaki, lutut atau panggul lemah sehingga bentuk kaki tidak normal. Jika mendapati kondisi seperti ini, orangtua harus tegas untuk menghindari anak agar tidak duduk dengan posisi W.

Pasalnya posisi duduk W pada anak akan mempengaruhi pertumbuhan tulang, sehingga memperburuk perkembangannya. Selain itu anak yang memiliki kelainan otot dan persendian pangkal paha yang tidak normal, juga tidak diperkenankan duduk dengan posisi W.

Beri pengertian dengan cara yang sederhana mengenai bahaya duduk dengan posisi W, sehingga anak bisa memahaminya. Kemudian orangtua dapat pergi ke dokter spesialis, sehingga anak bisa mendapatkan penanganan medis yang optimal. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here