Alasan Sering Buang Air saat Cuaca Dingin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat Anda merasa kedinginan, biasanya akan membuat anda sering sekali bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini kadang membuat anda merasa tak nyaman dan sangat mengganggu. Terutama jika sedang sibuk bekerja, mengerjakan ujian, berada di alam terbuka atau berkendara. Namun, Anda seolah tidak bisa mengendalikan walaupun sudah berusaha menghangatkan diri atau minum air lebih sedikit.

Lantas, apa yang sebenarnya menyebabkan udara dingin membuat anda sering buang air kecil? Simak penjelasannya berikut ini dan jangan lewatkan juga berbagai cara mudah untuk mencegah kedinginan.

Saat udara terasa dingin, hasrat atau keinginan untuk bermalas-malasan pun pasti muncul. Hal ini terjadi karena karbohidrat yang seharusnya dibakar sebagai sumber energi akan terpakai untuk menghangatkan suhu badan. Sistem saraf dalam tubuh Anda pun akan kehilangan tenaga, sehingga otot-otot Anda tak mendapat banyak perintah dari saraf untuk bergerak atau melakukan suatu aktivitas.

Mengapa udara atau suhu dingin bikin sering buang air?

Sering buang air kecil atau fenomena beser ketika suhu udara sangat rendah juga disebut sebagai cold diuresis. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, terlepas dari usia, jenis kelamin, pola makan, dan tipe tubuh seseorang. Berikut adalah penjelasan mengapa udara dingin bikin sering buang air kecil atau beser.

  1. Tekanan darah tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tekanan darah akan meningkat saat Anda berada dalam tempat dengan suhu yang cukup dingin. Karena tekanan darah meningkat, tubuh pun akan mengirimkan sinyal bagi ginjal untuk membuang kelebihan cairan yang ada di dalam tubuh. Akibatnya, volume air seni akan meningkat dan ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan air seni dari tubuh, sehingga rasa ingin buang air kecil pun terus menghampiri.

  1. Kadar air tidak seimbang

Pada saat suhu tubuh Anda menurun, fungsi protein tertentu di dalam tubuh yang dikenal sebagai aquaporin akan terganggu. Aquaporin di sini bertanggung jawab sebagai saluran keluar dan masuknya air ke dalam sel tubuh. Ketika kedinginan, secara otomatis aquaporin akan menahan masuknya air ke dalam sel. Lalu, hal ini direspon oleh tubuh sebagai pertanda bahwa ada terlalu banyak air pada aliran darah. Karena kadar air pada sel tubuh dan aliran darah tidak seimbang, ginjal menjadi lebih sering membuang kelebihan cairan melalui air seni.

  1. Tubuh tak mengeluarkan keringat

Penyebab lain mengapa udara dingin bikin sering buang air kecil adalah berhentinya sistem perspirasi tubuh. Perspirasi adalah proses penguapan atau keluarnya air dalam tubuhh dari kelenjar keringat. Ketika tubuh merasa kedinginan, maka anda tak akan berkeringat seperti saat kepanasan. Akibatnya, tak ada cara lain bagi air untuk dibuang dari tubuh selain melalui urin, sehingga bikin anda sering ingin buang air kecil.

Nah bagi anda yang masih sering bingung kenapa itu adalah beberapa jawaban yang mungkin bisa menjawab pertanyaan anda selama ini. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here