Alasan Terjadinya Kenaikan Berat Badan Saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa merupakan salah satu rukun islam yang ketiga, setiap umat muslin wajib melakukannya karena hukum puasa dalam islam yaitu fardu’ain. Melaksanakan puasa berarti anda berhenti untuk tidak makan dan minum serta menahan hawa nafsu lainnya. Frekuensi makan dan minum yang berkurang dari waktu biasanya sering kali di bulan ramadhan orang mengalami penurunan berat badan. Akan tetapi ada beberapa yang mengalami kenaikan berat badan saat berpuasa, mengapa demikian?

Kenaikan berat badan saat berpuasa dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab. Berikut ini beberapa penyebab atau alasannya terjadinya kenaikan berat badan saat puasa, diantaranya sebagai berikut :

  1. Kalap makan saat berbuka

Setiap orang yang berpuasa harus menahan segala hawa nafsu salah satunya untuk makan dan minum. Setelah seharian berpuasa banyak orang yang tidak tahan dengan godaan makanan yang ada, sehingga pada saat berbuka puasa seseorang tersebut menyantap makanan yang ada dengan lahap. Hal ini dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan saat puasa. Sebaiknya konsumsi makanan ringan pada saat berbuka puasa.

  1. Porsi makan lebih banyak

Karena tidak dapat menahan godaan dengan makanan yang tersedia kebanyak orang pada saat berbuka puasa mengkonsumsi makanan dalam porsi yang banyak. Kondisi tersebut menjadi suatu hal yang wajar apabila anda mengalami kenaikan berat badan saat puasa.

  1. Berkurangnya aktivitas

Puasa terkadang menjadi salah satu alasan seseorang merasa lemes, malas, dan kurang aktif dalam melakukan sesuatu hal. Sehingga tidak heran banyak orang yang bermalas-malasan untuk melakukan aktivitas untuk bergerak. Kurangnya badan untuk bergerak akan menjadi penyebab kenaikan berat badan saat puasa.

  1. Asupan karbohidrat dan lemak yang tinggi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi dapat menjadi penyebab berat badan naik saat puasa. Sehingga untuk mencegah hal tersebut sebaiknya anda untuk tetap mengontrol asupan nutrisi untuk anda konsumsi. Contoh makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat berlebih diantaranya, coklat, sirup, gula pasir, gorangan, dan lain-lain.

  1. Mengucah terlalu cepat

Mengunyah makanan terlalu cepat dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan, sedangkan sistem pencernaan yang buruk mengakibatkan terhambatnya metabolisme tubuh dalam mencerna makanan.

  1. Kurang tidur

Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa seseorang yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia yang mengakibatkan orang tersebut kurang tidur, akan cenderung mengalami berat badan yang berlebih. Hal tersebut dikarenakan waktu tidur yang kurang akan mempengaruhi hormon leptin. Hormon tersebut mengakibatkan seseorang mengalami peningkatakan nafsu makan.

  1. Langsung tidur setelah makan saur

Waktu istirahat yang berkurang, terkadang menjadi salah satu alasan orang memilih untuk tidur kembali setelah selesai makan sahur. Hal ini dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan saat puasa. Sebaiknya anda harus menghindari kebiasaan ini dikarenakan tidur setelah makan memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here