Aldosteronisme Primer

Aldosteronisme primer adalah jenis gangguan hormonal yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Kelenjar adrenal Anda menghasilkan sejumlah hormon penting, salah satunya aldosteron, yang menyeimbangkan sodium dan kalium dalam darah Anda. Dalam aldosteronisme primer, kelenjar adrenal Anda memproduksi terlalu banyak aldosteron, sehingga menyebabkan hilangnya potasium dan natrium tetap. Kelebihan natrium dapat menyebabkan peningkatan volume darah dan tekanan darah.

Diagnosis dan pengobatan aldosteronisme primer sangat penting karena orang dengan tekanan darah tinggi memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung dan stroke. obat-obatan, perubahan gaya hidup dan operasi dapat menyembuhkan kondisi ini.

Gejala

  • Tekanan darah tinggi yang parah.
  • Tekanan darah tinggiyang membutuhkanbeberapaobat untukkontrol(hipertensi resisten).
  • Tekanan darah tinggi dengantingkatkaliumrendah (hipokalemia).

Pastikan tekanan darah Anda diperiksa secara teratur terutama jika Anda memiliki faktor risiko untuk hipertensi, seperti:

  • Anda berusia 45 tahun atau lebih.
  • Anda memilikiriwayat keluargahipertensi.
  • Anda kelebihan berat badan.
  • Anda memilikihidup yang kurang gerak.
  • Anda merokok.
  • Anda minumbanyakalkohol.
  • Anda memilikiketidakseimbanganpola makan (terlalu banyak garam, tidak cukupkalium)

Penyebab

Kondisi umum yang menyebabkan kelebihan produksi aldosteron adalah:

  • Adanya pertumbuhan benignadikelenjaradrenal (sindrom Conn).
    Aktivitas yang berlebihan dari kedua kelenjar adrenal (hiperaldosteronisme idiopatik)

Pada kasus tertentu, aldosteronisme primer dapat disebabkan oleh:

  • Pertumbuhanmalignapada lapisan luar(korteks) darikelenjaradrenal(kanker korteks adrenal).
  • Suatu jenis aldosteronisme primer langka yang disebut aldosteronisme glucocorticoid-remediable yang mengalirdalam keluargadan menyebabkanhipertensipada anak-anakdan remaja.

Komplikasi

Aldosteronisme primer dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kadar kalium yang rendah. Komplikasi ini selanjutnya dapat menyebabkan masalah lain.

Masalah yang terkait dengan tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang terus tinggi dapat menyebabkan gangguan hati dan ginjal seperti:

  • Serangan jantung
  • Gagal jantung
  • Hipertrofi ventrikel kiri, yaitu pembesaranototyang membentukdindingventrikel kiri, salah satu bilik jantungyang memompa darah.
  • Stroke
  • Penyakit ginjalataugagal ginjal
  • Kematian dini

Tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh aldosteronisme primer membawa risiko yang lebih tinggi dari komplikasi kardiovaskular dibandingkan dengan jenis tekanan darah tinggi lainnya. Resiko ini disebabkan oleh tingkat aldosteron yang tinggi, sehingga menyebabkan kerusakan jantung dan pembuluh darah yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi.

Masalah yang terkait dengan kadar kalium yang rendah

Beberapa penderita aldosteronisme primer memiliki kadar kalium rendah (hipokalemia). Tapi tingkat kalium yang rendah dapat menyebabkan aritmia jantung, kram otot dan kehausan atau buang air kecil berlebih.

Karena gejala aldosteronisme primer tidak selalu jelas, dokter Anda mungkin menjadi orang yang menyarankan Anda mengatur jadwal untuk diskrining agar diagnosa menjadi lebih jelas. Dokter Anda mungkin menduga aldosteronisme primer jika Anda memiliki tekanan darah tinggi dan:

  • Tekanan darah Andatetaptinggi secara terus menerus, bahkan setelah Anda mengkonsumsi obat untuk meringankan kondisi.
  • Anda memilikikaliumdarah yang rendah, hal ini dapat menjadi tanda awal dari aldosteronisme primer.
  • Imaging test yang Anda lakukan karena penyebab lain kebetulanmenunjukkan pertumbuhanpada salah satukelenjaradrenalAnda.
  • Anda memilikiriwayat pribadi atau keluargayang terkenatekanan darah tinggiatau strokepada usia muda.

Tes skrining untuk aldosteronisme primer mungkin memerlukan beberapa perencanaan. Tes ini dapat dilakukan saat waktu pemakaian obat tekanan darah tinggi, atau mungkin juga Anda perlu menghentikan pemakaian obat-obatan tertentu seperti spironolactone (aldactone) dan eplerenone (Inspra), sampai enam minggu sebelum pengujian. Dokter Anda mungkin juga meminta Anda untuk menghindari produk licorice selama beberapa minggu sebelum ujian, karena ini dapat menyebabkan perubahan yang meniru kelebihan aldosteron.

Tes dan diagnosa

Screening test: Awalnya, dokter mungkin akan mengukur kadar aldosteron dan renin dalam darah Anda. Renin adalah enzim yang dikeluarkan oleh ginjal yang membantu mengatur tekanan darah. Kombinasi kadar renin yang sangat rendah dengan kadar aldosteron yang tinggi menunjukkan bahwa aldosteronisme primer mungkin menjadi penyebab tekanan darah tinggi Anda.

Confirmation test: Jika pengujian aldosteron-renin menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki aldosteronisme primer, Anda harus melakukan tes lain untuk mengkonfirmasi diagnosis seperti:

  • Oral salt loading: Anda akan menjalankan diet tinggi natrium selama tiga hari sebelum dokter mengukur aldosteron dan tingkat natrium dalam urin Anda.
  • Saline loading: Kadar aldosteron akan diuji setelah natrium dicampur dengan air (saline) diinfuskan ke dalam aliran darah selama beberapa jam.
  • Fludrocortisone suppression test (FST): Setelah Andamenerapkan diettingginatrium, Anda akan diminta menjalani fludrocortisone suppression test (FST) untuk kadaraldosterondalam darah.

Tes tambahan: Saat Anda menerima diagnosis aldosteronisme primer, dokter Anda akan menjalankan tes tambahan untuk menentukan apakah penyebab yang mendasari adenoma memproduksi aldosteron atau aktivitas yang berlebihan dari kedua kelenjar adrenal.

  • Abdominal computerized tomography (CT) scan: CT scandapatmembantu mengidentifikasitumorpadakelenjaradrenalataupembesaranyangmenunjukkanoveraktivitas. Anda mungkin masih perlupengujian tambahansetelahCT scankarena tes ini mungkin tidak dapat mendeteksi kelainan kecil tapi mungkin serius.
  • Adrenal vein sampling: Seorang ahli radiologi akan menarik darah dari kedua kanan dan kiri vena adrenal dan membandingkan dua sampel. Kadar aldosteron yang secara signifikan lebih tinggi di satu sisi menunjukkan adanya suatu aldosteronoma di sisi itu. Kadar aldosteron serupa di kedua sisi menunjukkan overaktivitas di kedua kelenjar. Tes ini melibatkan penempatan tabung dalam pembuluh darah di pangkal paha dan memasukkan benang sampai ke vena adrenal. Meskipun penting untuk menentukan perawatan yang tepat, tes ini membawa risiko perdarahan atau pembekuan darah di pembuluh darah.

Perawatan dan pengobatan

Pengobatan untuk aldosteronisme primer tergantung pada penyebab yang mendasarinya, tetapi tujuan dasarnya adalah untuk menormalkan, atau memblokir efek dari kadar aldosteron yang tinggi dan mencegah potensi komplikasi tekanan darah tinggi dan kadar kalium yang rendah.

Pengobatan untuk tumor kelenjar adrenal
Tumor kelenjar adrenal dapat diobati dengan operasi atau obat-obatan dan perubahan gaya hidup.

  • Operasi pengangkatanOperasi pengangkatankelenjaradrenalyang mengandungtumor(adrenalektomi) biasanya dianjurkankarena dapatsecara permanenmengatasitekanan darah tinggi dankekurangan kalium, dan dapatmembawa tingkataldosteronkembali normal. Tekanan darahbiasanyaturunsecara bertahapsetelahadrenalektomiunilateral. Dokter akan memantau kondisi Anda setelah operasi semakin menyesuaikan kebutuhan obat tekanan darah tinggi Anda. Adrenalektomimembawadapat menyebabkanpendarahandan infeksi. Namun,penggantian hormonadrenaltidak diperlukansetelahadrenalektomiunilateralkarenakelenjaradrenallainnyamampu menghasilkanjumlah yang cukup.
  • Obat penghambat aldosteron: Jika Anda memilih untuk tidak menjalani operasi, aldosteronisme primer yang disebabkan oleh tumorjinakjugadapat diobati dengan obat penghambat aldosteron (mineralocorticoid receptor antagonists) dan perubahan gaya hidup. Tapitekanan darah tinggidan kaliumrendah akankembali jikaAnda berhenti minumobat

Pengobatan untuk overaktivitas dari kedua kelenjar adrenal

Kombinasi obat-obatan dan perubahan gaya hidup dapat efektif mengobati aldosteronisme primer yang disebabkan oleh overaktivitas dari kedua kelenjar adrenal (adrenal hyperplasia bilateral).

  • Obat-obatan: Antagonis reseptormineralokortikoidmenghambat aksialdosterondalam tubuh Anda. Dokter Andapertama mungkinmeresepkanspironolactone(aldactone). Obat inimembantu menurunkan tekanan darahtinggi dan memperbaiki kadar kalium yang rendah, tetapidapat menimbulkan efek samping. Efek samping bisa termasukpembesaranpayudara pada laki-laki(ginekomastia), penurunan gairah seksual, impotensi, ketidakteraturan menstruasidangangguan pencernaan. Antagonis reseptormineralokortikoid yang baru dan lebih mahal adalah eplerenone(Inspra) yang hanya bekerja padareseptoraldosteron, tetapi menghilangkanefek sampinghormon seksyang terkait denganspironolactone. Dokter mungkin menyarankaneplerenonejika Anda memilikiefek samping yang seriusdenganspironolactone. Anda jugamungkin perluobat lainuntuk mengatasi tekanan darah tinggi
  • Perubahan gaya hidup: Obat tekanan darah tinggi lebih efektif bila dikombinasikan dengan diet sehat dan gaya hidup. Berkonsultasilah dengan dokter untuk membuat rencana pengurangan natrium dalam pola makan Anda dan mempertahankan berat badan yang sehat. Olahraga teratur, membatasi jumlah alkohol yang Anda minum dan berhenti merokok juga dapat meningkatkan respons Anda terhadap obat.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Gaya hidup yang sehat sangat penting untuk menjaga tekanan darah dan pemeliharaan kesehatan jangka panjang.

  • Pola makan yang sehat: Batasinatriumdalam pola makandengan berfokus padamakanan segardan pengurangan sodium, bumbu dan garam. Biji-bijian, buah-buahan, sayuran danproduk susurendah lemakdapatmenurunkan berat badandanmembantu menurunkan tekanan darah. Cobalah metode diet “Dietary Approaches to StopHypertension(DASH)” yang telah terbukti bermanfaatbagi jantung Anda.
  • Mencapaiberat badan yang sehat: Jika Anda memiliki body mass index (BMI) 25atau lebih, penurunan sedikitnya 10pound (4,5 kg) dapat mengurangitekanan darah Anda.
  • Latihan: Latihan aerobik yang teraturdapatmembantu menurunkan tekanan darah. Anda tidak harus melakukan latihan yang berat, dengan berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kualitas kesehatan Anda secara signifikan.
  • Jangan merokok: Berhenti merokokakanmeningkatkankesehatan jantungAnda secara keseluruhan. Nikotindalam tembakaumembuat jantung Andabekerja lebih kerasdengankonstriksi pembuluh darahsehingga meningkatkandenyut jantung dantekanan darah. Bicaralah dengandokterAnda tentang obatyang dapat membantu Andaberhenti merokok.
  • Batasialkohol dankafein: Kedua zat tersebutdapat meningkatkan tekanan darahAnda, dan alkoholdapat menggangguefektivitas beberapaobat tekanan darah. Tanyakan kepada dokter Andaapakah konsumsialkoholmoderataman untuk Anda.