Alergi dingin

Alergi dingin merupakan reaksi alergi terhadap suhu dingin. Paparan suhu dingin menyebabkan kemerahan, gatal, bengkak dan gatal-gatal pada kulit. Sebisa mungkin, orang-orang dengan alergi dingin harus menghindari paparan udara dingin dan air dingin. Misalnya, berenang di air dingin adalah penyebab paling umum dan dapat menyababkan reaksi ke seluruh tubuh yang mengarah ke pingsan, shock dan bahkan kematian. Jika Anda pikir Anda memiliki alergi dingin, maka segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

Gejala

Gejala alergi dingin dimulai segera setelah kulit terkena penurunan suhu udara tiba-tiba atau air dingin. Meskipun gejala muncul pada saat paparan dingin, gejala sering menjadi lebih buruk pada saat kulit re-warming. Sebagian besar reaksi alergi dingin terjadi ketika kulit terkena suhu yang lebih rendah dari 40 F (4,4 ​​C), tetapi beberapa orang dapat mengalami reaksi terhadap suhu panas. Kondisi lembab dan berangin membuat alergi dingin lebih mungkin terjadi.

Tanda dan gejala alergi dingin yang sering muncul adalah:

  • Gatal dan munculnya bercak-bercak kemerahan pada kulit yang terkena dingin.
  • Pembengkakan tangan ketika memegang benda dingin.
  • Pembengkakan bibir ketika makan makanan yang dingin.
  • Pada kasus yang jarang terjadi, pembengkakan lidah yang parahdan tenggorokan yang dapat menghambat pernapasan (faring edema).

Reaksi yang parah

Bagi orang dengan alergi dingin, paparan udara dingin dapat menjadi sangat berbahaya karena reaksinya dapat mempengaruhi seluruh tubuh (reaksi sistemik). Tanda dan gejala yang parah tersebut adalah pingsan, menggigil, detak jantung cepat dan pembengkakan anggota tubuh. Reaksi terparah biasanya terjadi karena kulit terpapar secara keseluruhan seperti berenang di air dingin. Sebuah rilis masif histamin dan zat kimia sistem kekebalan tubuh lainnya menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba sehingga orang dengan alergi dingin bisa pingsan, shock dan bahkan meninggal. Pada kasus berenang di air dingin, tenggelam dapat disebabkan oleh hilangnya kesadaran. Tingkat keparahan gejala alergi dingin bervariasi. Beberapa orang hanya mengalami reaksi ringan terhadap udara dingin, tapi yang lain mungkin mengalami reaksi yang parah. Alergi dingin dapat hilang dengan sendirinya selama beberapa bulan, tapi pada kasus tertentu alergi dingin berlangsung selama bertahun-tahun.

Jika Anda mengalami reaksi kulit setelah terpapar suhu dingin, maka segeralah pergi dokter. Meskipun reaksi yang Anda alami terbilang ringan, dokter dapat membantu menghilangkan kondisi mendasar yang mungkin menjadi penyebab alergi. Segera cari bantuan medis, jika setelah terpapar suhu dingin Anda mengalami pusing, susah napas, dan tenggorokan terasa bengkak.

Penyebab

Penyebab alergi dingin masih belum jelas. Orang-orang tertentu tampaknya memiliki sel-sel kulit yang terlalu sensitif, baik karena suatu sifat yang diturunkan atau disebabkan oleh virus atau penyakit lainnya. Paparan dingin memicu pelepasan histamin dan zat kimia sistem kekebalan tubuh lainnya ke dalam kulit. Zat kimia ini menyebabkan kemerahan, gatal, dan gejala lainnya

Faktor resiko

Alergi dingin dapat terjadi dalam setiap golongan umur, apakah Anda perempuan atau laki-laki. Anda lebih mungkin terkena alergi dingin jika:

  • Anda seorang anak atau remaja: Suatu jenis alergi yang disebut alergi primer terjadi pada anak-anak dan remaja. Ini adalah jenis yang paling umum dari alergi, dan biasanya membaik sendiri dalam waktu dua sampai tiga tahun.
  • Anda baru saja terinfeksi virus: Mycoplasma pneumonia dan mononukleosis telah dikaitkan dengan alergi dingin.
  • Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya: Dikenal dengan alergi sekunder, jenis ini kurang umum dari alergi dingin dan dapat disebabkan oleh masalah kesehatan yang mendasari, seperti rheumatoid arthritis, hepatitis atau kanker.
  • Anda memiliki sifat-sifat tertentu yang diwariskan: Alergi dingin juga dikaitkan dengan kondisi keturunan yang disebut familial cold autoinflammatory syndrome. Kondisi ini menyebabkan bercak yang menyakitkan dan gejala seperti fluse telah terpapar dingin.

Komplikasi

Kemungkinan komplikasi utama dari alergi dingin adalah reaksi parah yang terjadi setelah kulit terkena paparan suhu dingin secara keseluruhan.

Apa yang harus dikatakan pada dokter?

Temui dokter Anda jika Anda menduga Anda atau anak Anda memiliki alergi dingin atau alergi lain. Anda mungkin akan dirujuk ke dokter spesialis alergi (alergi) untuk beberapa tes diagnostik. Buatlah persiapan sebelum menemui dokter seperti menuliskan gejala yang dialami, riwayat medis keluarga dan daftar obat/vitamin yang dikonsumsi. Tuliskan juga pertanyaan untuk dokter Anda seperti:

  • Apa penyebab yang paling mungkin dari gejala saya?
  • Apakah ada kemungkinan penyebab lain  untuk gejala saya?
  • Kapan gatal-gatal ini akan hilang?
  • Apa jenis tesyang saya butuhkan?Apakah tes tersebut memerlukan persiapan khusus?
  • Pengobatan apa yang tersedia? Apa yangAnda rekomendasikan?
  • Apak efek samping dari pengobatan tersebut?
  • Apakah ada alternatif generik untukobat yang diresepkan?
  • Sayamemiliki masalah kesehatan lainnya, apa pengobatan yang Anda rekomendasikan kompatibel?

Beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan dokter adalah:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Apakah baru-baru ini Anda sakit?
  • Apakah ada anggota keluarga yang mengalami gejala serupa?
  • Apakah Anda telah mencoba makanan baru?
  • Apakah Anda telah bepergian ke tempat baru?
  • Apakah ada sesuatu yang membuat Anda membaik?
  • Apakah ada sesuatu yang memperburuk gejala?

Apa yang dapat dilakukakan sementara waktu

Jika Anda mengalami gatal-gatal ringan, tips ini dapat membantu meringankan gejala:

  • Menghindari iritasidaerah yang terkena.
  • Meminimalkan aktivitaskuat, yang dapat menyebabkan lebih banyak iritasi ke kulit Anda.
  • Gunakan anti histamin yang dijual bebas untuk membantu meringankan gatal.

Tes dan diagnosa

Alergi dingin dapat didiagnosis dengan menempatkan es batu pada kulit yang terkena selama beberapa menit. Jika Anda mengalami alergi dingin, benjolan merah akan terbentuk setelah es batu diangkat. Sebagian besar kasus alergi terjadi pada anak-anak dan remaja dan tidak memiliki penyebab yang mendasar jelas. Jenis alergi ini biasanya membaik dengan sendirinya setelah beberapa minggu sampai beberapa bulan, tapi kadang-kadang bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Pada beberapa kasus, alergi dingin disebabkan oleh kondisi mendasar yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan alergi dingin adalah hepatitis, rheumatoid arthritis, kanker tertentu atau infeksi seperti mononukleosis. Jika dokter Anda mencurigai Anda memiliki kondisi lain yang mendasarinya, Anda mungkin perlu melakukan tes darah atau tes lainnya.

Perawatan dan pengobatan

Tidak ada obat untuk urtikaria dingin, tetapi pengobatan dapat membantu. Obat dapat membantu mencegah dan mengurangi gejala. Obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan alergi dingin adalah:

  • Antihistamin. Obat-obat ini memblokir produksi zat kimia sistem imun yang aktif pada reaksi alergi. Beberapaobat-obat inidijual bebas, dan ada yang memerlukan resep seperti oratadine (Claritin), fexofenadine (Allegra), cetirizine (Zyrtec), levocetirizine(Xyzal) dan desloratadine (Clarinex).
  • Siproheptadin. Obat ini adalah anti histamin yang juga akan mempengaruhi impuls saraf yangmenyebabkan gejala.
  • Doxepin (Silenor). Biasanya digunakan untuk mengobati kecemasan dan depresi, obat inijuga dapat mengurangi gejala alergi dingin.

Obat-obatan tersebut tidak akan menyembuhkan alergi dingin, tapi hanya akan meringankan gejala. Jika Anda mengalami alergi dingin karena masalah kesehatan yang mendasari, Anda mungkin perlu obat atau perawatan lainnya untuk kondisi itu juga.

Pencegahan

Tidak ada cara untuk menghindari alergi dingin pada awalnya, tetapi Anda dapat membantu mencegah gejala dengan menggunakan obat yang diresepkan dan menghindari suhu dingin, terutama paparan dingin pada kulit yang tidak terlindung.