Aliran Darah Buruk Kualitas Darah Juga Buruk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Darah merupakan cairan dalam tubuh yang berfungsi mengirimkan zat-zat atau nutrisi dan oksigen ke jaringan tubuh. Darah juga mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.

Melihat dari fungsinya maka darah harus memiliki kualitas yang baik sehingga tubuh dapat berfungsi dengan normal dan maksimal. Tidak bisa dibayangkan apabila darah tidak memiliki kualitas yang baik maka berbagai masalah akan menyerang tubuh.

Kualitas darah dapat menjadi buruk karena beberapa hal. Salah satu hal yang dapat memperburuk kualitas darah adalah aliran atau sirkulasi darah itu sendiri. Saat aliran darah buruk biasanya akan muncul tanda pada tubuh manusia. Tanda- tanda tersebut meliputi :

  1. Bengkak pada kaki atau tangan

Saat aliran darah terganggu atau buruk maka beberapa bagian organ dalam tubuh tidak terpasok darah secara baik atau pasokan darah tidak memadai. Salah satunya yaitu ginjal. Sehingga fungsi ginjal terganggu. Hal tersebut menyebabkan penumpukan cairan pada tangan dan kaki yang selanjutnya akan membengkak.

  1. Merasa mudah lelah

Mudah lelah juga menjadi indikasi aliran darah anda buruk. Dikarenakan aliran darah buruk maka pasokan oksigen dan nutrisi ke jaringan berkurang. Berkurangnya oksigen membuat anda merasa ngantuk dan lelah walaupun sudah istirahat dengan cukup.

  1. Terasa dingin pada tangan dan kaki

Saat terjadi gangguan pada aliran darah suhu tubuh juga akan mengalami perubahan atau penurunan. Kaki dan tangan akan menjadi dingin pada umumnya. Jika anda merasakan keduanya berarti aliran darah anda sedang buruk.

  1. Menurunya fungsi otak

Tanda lain dari buruknya aliran darah adalah terjadi penurunan fungsi otak. Ini disebabkan karena otak tidak cuku nutrisi sehingga dungsi memeri menurun dan mudah mengalami pusing kepala. Lakukanlah peregangan di bagian kepala dan olahraga ringan agar peredaran darah kembali lancar.

  1. Sistem pencernaan terganggu

Sistem pencernaan yang terganggu akibat aliran darah buruk biasanya akan memunculkan tanda dengan terjadinya sembelit.

  1. Sistem kekebalan tubuh melemah

Aliran darah yang tidak normal dapat melemahkan daya tahan tubuh atau kemampuan tubuh dalam melawan penyakit. Jika ini tidak anda atasi, maka tubuh anda akan mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh tidak bekerja secara maksimal.

  1. Memar atau kulit membiru

Anda perlu berhati-hati jika bagian tertentu tubuh anda tiba-tiba membiru. Karena hal itu dapat membuktikan bahwa aliran darah anda sedang dalam keadaan yang tidak baik karena darah tidak dapat memasok dengan baik. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here