Alternatif Pengganti Gula

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rasa manis merupakan rasa yang disukai hampir oleh semua orang, terutama anak-anak. Rasa manis dari gula yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Mulai dari sakit gigi, obesitas, diabetes hingga kanker. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risikonya adalah dengan mengganti gula dengan bahan alternatif yang lebih menyehatkan.

Penggunaan konsumsi gula memang sulit dihilangkan dari kegiatan sehari-hari manusia. Sekarang ini, terdapat berbagai pemanis buatan maupun pemanis alternatif yang dapat ditemukan dalam berbagai macam produk makanan serta minuman. Pemanis buatan biasanya digunakan oleh penderita diabetes dan menjadi pengganti gula bagi orang-orang yang melakukan diet bebas gula. Lantas, apa saja jenis pemanis buatan yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti gula?

  • Buah-buahan

Buah-buahan merupakan pemanis alami yang memiliki kelebihan dibanding gula. Buah memiliki vitamin dan nutrisi yang baik bagi pencernaan dan organ tubuh secara keseluruhan. Buah dapat digunakan sebagai campuran pada sereal berupa gandum parut atau bubur biskuit gandum. Buah dapat menjadi alternatif sereal manis pada sarapan anak.

  • Sirup maple

Sirup maple terbuat dari getah rebus dari pohon maple. Sirup maple memiliki rasa yang unik dan sering digunakan sebagai alternatif pengganti gula di makanan penutup. Sirup maple yang baik adalah sirup maple organik.

  • Madu

Madu merupakan alternatif paling baik karena madu kaya nutrisi dan sangat alami, termasuk vitamin B dan C, magnesium, kalium, natrium, belerang, besi, fosfat, tembaga, yodium, dan zinc. Namun, madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, jadi lebih baik tidak mengonsumsi terlalu banyak.

  • Gula jawa

Gula jawa dibuat dari getah kuncup bunga kelapa. Dalam bentuk blok atau kristal dan dapat dibuat menjadi sirup. Gula Jawa diklasifikasikan sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah. Gula jawa memiliki kandungan mineral yang tinggi, dan kaya akan kandungan potasium, magnesium, seng, dan besi.

  • Sirup jagung

Selain manis, sirup jagung juga kaya akan riboflavin yang bersifat antioksidan dan membantu tubuh untuk mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, sirup jagung juga mengandung memiliki kandungan mineral meskipun jumlahnya sedikit.

  • Kurma

Kurma memiliki kandungan kalsium, kalium dan vitamin B6. Anda dapat menambahkannya ke kue atau makanan penutup. Kurma juga diyakini sangat baik untuk diet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here