Alternatif Sarapan Sehat (Smoothies)

0
171

SehatFresh.com – Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah-buahan atau sayuran yang dicampur dengan susu kental manis atau yoghurt. Minuman ini cocok dijadikan alternatif untuk dinikmati sebagai menu sarapan bagi orang-orang yang tidak punya banyak waktu di pagi hari. Dengan rasa yang segar, sedikit manis dan creamysmoothies kini telah makin dikenal banyak orang. Lalu, apakah perbedaan antara smoothies dan jus?.

Ada beberapa buah dan sayur yang cocok dijadikan smoothies diantaranya adalah tomat, wortel, apel, jeruk, pepaya, pisang, alpukat, pir, mangga, bayam, seledri, bit, dan lettuce. Setiap buah atau sayuran memiliki kelebihan tersendiri yang sesuai untuk dijadikan smoothies atau jus. Proses pembuatan smoothies biasanya menggunakan blender, agar seluruh bahan dapat tercampur dengan sempurna. Sedangkan, jus dibuat menggunakan juicer, yang berfungsi mengambil sari buah atau sayuran dan membuang ampasnya. Dengan kalori maksimal 150-200 saja, smoothies yang kaya gizi dapat membuat berat badan tetap ideal.

Smoothies yang penuh nutrisi dapat menjadi pengganti menu sarapan atau makan malam. Namun, campuran antara buah atau sayuran sebagai bahan smoothies dengan yoghurt, susu, telur, atau madu harus disesuaikan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari smoothies.  Smoothies dapat memberikan asupan energi dan menstabilkan gula di dalam darah. Kandungan serat didalam buah atau sayuran dapat menyeimbangkan jumlah gula dan kalori di dalam tubuh. Smoothies perlahan diserap tubuh dan menyediakan energi untuk waktu yang cukup lama. Saat mengonsumsi jus, rasa lapar akan lebih cepat menyerang. Sedangkan saat mengonsumsi smoothies, asupan energi tersedia lebih lama dan rasa lapar akan lebih tertahan. Dengan rutin mengonsumsi smoothies, pencernaan akan semakin lancar. Kandungan serat dalam smoothies membantu memperlancar pencernaan, sehingga melancarkan buang air besar.

Smoothie yang baik sebaiknya tidak diproses dengan menggunakan gula karena kandungan buah sendiri sudah manis. Hindari juga penambahan pemanis buatan seperti sirup karena hal tersebut justru akan mengurangi manfaat baik dari smoothies. Minum smoothies di pagi hari dapat menyegarkan dan membersihkan racun dalam tubuh. Smoothies yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran dapat digunakan untuk detoksifikasi. Minuman ini dapat membersihkan racun dalam darah dan organ tubuh dari dalam, sehingga menjadikan tubuh lebih sehat dan menyediakan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas. Tidak hanya sehat, kandungan vitamin dan mineral dalam smoothies dapat membuat kulit bercahaya, terlindung dari radikal bebas, polusi, dan pengaruh buruk sinar matahari serta masalah kulit seperti penuaan dini dan jerawat. Rambut pun menjadi lebih berkilau dan sehat. Selain enak, proses pembuatannya juga cepat sehingga smoothies dapat menjadi alternatif menu sarapan yang sehat bagi Anda yang tidak punya banyak waktu di pagi hari.

Sumber gambar : www.quaker.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY