Amankah Kondom Wanita untuk Kesehatan Seksologi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi wanita yang menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsinya pasti bertanya-tanya apakah diperbolehkan menggunakan kondom secara terus-menerus dan adakah efek samping dari penggunaan kondom dengan jangka waktu yang lama. Banyak pasangan juga yang mengira bahwa penggunaan kondom akan membahayakan alat kelamin mereka. Dan bagaimana menurut tanggapan daro dokter terkait hal tersebut?

Kondom jika dipergunakan secara terus menerus sebenarnya tidak masalah, karena belum ada laporan dari medis tentang dampak buruk penggunaan kondom saat berhubungan intim. Ungkapan dr. Andri Wanananda. Namun menurut dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Soetomo Surabaya memang banyak wanita yang mengkhawatirkan hal tersebut takut terkna kanker serviks karena terlalu sering menggunakan kondom. Pernyataan ini sebutulnya salah, karena sebanyak 99,7% kanker serviks yang terjadi yang diakibatkan dari infeksi HPV (Human Papilloma Virus). Justru dengan menggunakan kondom akan menurunkan terjadinya infeksi HPV dan akan terhindar dari PMS sehingga keseluruhan kondom akan menurunkan terjadinya kanker serviks.

Dan lebih lanjutnya dari dr Andri menjelaskan bahwa istrinya dahulu pernak merasa takut karena keberadaan minyak pada kondom. Akan tetapi minyak ini justru dapat memudahkan seorang suami ketika melakuakan penetrasi penis ke dalam vagina, sehingga akan membuat kedua pasangan tersebut tidak merasakan nyeri. ”Dan selama tidak menimbulkan reaksi seperi gatal-gatal atau perih atau bisa juga dengan alergi yang lainnya setelah berhubungan seksual, maka kondom tidaklah berbahay untuk anda gunakan sebagai alat kontrasepsi”, tegasnya.

Lantas pada masalah siapa yang menggunakan kondom tersebut staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta tersebut mengatakan bahwa jika pada kenyamanan kedua pihak misalnya bila istri anda memakai kondom namun akan tetapi selama berhubungan intim sesudahnya ia merasakan nyeri dan rasa sakit pada organ vaginanya sebaiknya  untuk selanjutnya digunakan oleh suami.

“Agar tidak jenuh, maka sekali-kali anda boleh melepaskan kondom saat melakuakan hubungan seksual, tetapi anda perlu mengetahui waktu subur istri anda, jangan sekali kali anda melakuakan hubungan saat waktu subur pada seorang istri”.

Menurut dr. Andri kondom memiliki suatu kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan alat kontrasepsi yang lainnya. Karena selain kondom dapat mencegah fertilisasi kondom juga dapat mencegah, menularnya penyakit seksual HIV atau AIDS pada pasangan anda.

Alat kontrasepsi lain dalam rahin atau hormonal adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan tetapi tidak dapat mencegah terjadinya penularan penyakit seksual.

Kelebihan lainnya dari kondom  wanita yaitu :

  1. Satu-satunya bentuk alat kontrasepsi, selain kondom pria, yang dapat mencegah penularan penyakit seksual secara efektif
  2. Tidak membutukan resep untuk dapat menggunakan kondom tersebut
  3. Dibandingkan dengan kondom pria risiko alergi dari kondom wanita mamang lebihsedikit
  4. Ukuran minimalis serta sangat mudah dibawa dan dapat digunakan kapan saja. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here