Amankah Mengkonsumsi Suplemen Peninggi Badan ?

SehatFresh.com – Menurut “Nelson Textbook of Pediatrics,” pertumbuhan akan terhenti pada akhir pubertas. Biasanya, pubertas berakhir pada sekitar 18 tahun untuk anak perempuan dan 20 tahun untuk anak laki-laki. Tahap akhir pertumbuhan terjadi pada epiphysis (lempeng yang terletak di ujung tulang panjang lengan dan kaki). Selama dan sebelum pubertas, epiphysis memungkinkan pertumbuhan tulang tambahan di masa ledakan pertumbuhan remaja. Selama pubertas, epiphysis mulai memadat dan menyatu sepenuhnya setelah pubertas. Kebanyakan dokter pun setuju bahwa setelah epiphysis memadat, maka pertumbuhan berhenti. Di sisi lain, telah bermunculan perusahaan yang memproduksi suplemen yang dimaksudkan untuk membalikkan proses ini.

Ada banyak produk dengan segudang bahan yang menjanjikan konsumennya menjadi lebih tinggi. Produk peninggi badan adalah jenis suplemen kesehatan. Di Amerika Serikat, Food and Drug Administration tidak mengatur atau mengkonfirmasi akurasi laporan yang dibuat oleh produsen suplemen kesehatan tersebut. Selain itu, beberapa bahan yang ditemukan dalam suplemen peninggi badan tidak pernah menerima evaluasi yang menyatakan keaamanan dan efek jangka panjangnya. Oleh karena itu, sebelum mengambil suplemen tumbuh tinggi, bacalah semua bahan pada label produk dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter guna memastikan suplemen tersebut tidak akan berbahaya bagi kesehatan.

FDA telah menyetujui hormon pertumbuhan manusia untuk digunakan pada anak-anak yang mengalami pertumbuhan abnormal. Perawatan ini membutuhkan resep dokter dan hanya memiliki efektivitas pada anak-anak yang belum mencapai pubertas. Hormon pertumbuhan berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi sendiri hormon pertumbuhannya. Beberapa produsen telah memasarkan suplemen hormon pertumbuhan dan mengutip informasi tentang keefektifan hormon pertumbuhan pada anak-anak untuk mendukung klaim tinggi badan yang mereka janjikan. Namun, kebanyakan ahli berpendapat bahwa hormon pertumbuhan tidak akan efektif menambah tinggi badan jika Anda telah mencapai pubertas.

Di zaman yang kini makin canggih, internet telah telah memberi kemudahan kepada para produsen suplemen tinggi badan dalam memasarkan produk mereka. Bahkan, beberapa produsen telah membentuk forum online di mana mereka memuat testimonial palsu. Selain itu, beberapa produsen menawarkan jaminan uang kembali jika Anda tidak tumbuh lebih tinggi dalam waktu 30 atau 60 hari. Meski jaminan dan klaim produsen terlihat menjanjikan, tidak ada penelitian klinis yang telah membuktikan efektivitas dan keamanan suplemen untuk menambah tinggi badan.

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY