Amankah Menurunkan Berat Badan dengan Teh Daun Jati Cina

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki badan yang langsing adalah dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan badan yang langsing, cara yang disarankan adalah berolahraga dan mengatur pola makan. Tetapi seringkali orang merasa malas berolahraga dan juga harus makan-makanan sehat. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah mengkonsumsi obat-obatan herbal.

Diet dengan minum air rebusan atau seduhan daun jati cina mampu meluruhkan lemak tubuh dengan cara mengeluarkannya melalui buang air besar. Daun jati cina mengandung zat yang disebut sennosida. Zat ini bekerja dengan mengiritasi lapisan dalam usus, akibatnya muncullah efek pencahar.

Teh jati cina adalah obat pencuci perut non resep yang disetujui FDA (Food and Drug Administration) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Teh ini digunakan untuk mengobati sembelit dan juga untuk membersihkan usus sebelum tes diagnostik seperti kolonoskopi. Teh ini juga digunakan untuk sindrom iritasi usus (IBS), wasir dan penurunan berat badan.

Asupan yang direkomendasikan untuk orang dewasa usia 12 atau lebih adalah 17,2 miligram (mg) per hari. Para ahli mengingatkan agar tidak melebihi 34,4 mg per hari. Untuk konstipasi pada anak-anak, dianjurkan 8,5 mg per hari. Untuk konstipasi setelah kehamilan, 28 mg dibagi dalam 2 dosis.

Teh daun jati cina memiliki efek yang keras bagi tubuh dan para dokter menyarankan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 2 minggu. Teh daun jati cina mempunyai efek samping yang berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi terlalu sering :

  1. Membahayakan ginjal

Jika daun jati cina dikonsumsi secara berlebihan maka hal tersebut bisa membahayakan pada organ ginjal kita dan juga memicu terjadinya darah tinggi. Sehingga ada baiknya kita mengkonsumsi dalam porsi wajar saja.

  1. Perubahan warna pada dinding usus

Mengkonsumsi daun jati cina terlalu berlebihan juga akan menyebabkan adanya perubahan warna pada dinding usus. Jika hal ini benar-benar terjadi pada diri kita, usus akan berubah warna menjadi seperti warna daun jati ini, dan juga akan mengganggu pada metabolisme tubuh kita. Karena daun jati cina sangat bekerja dengan cepat untuk mengeluarkan zat yang tidak terpakai saat dalam tubuh.

  1. Radang sendi

Jika konsumsi berlebihan juga lama kelamaan bisa melemahkan otot dan memicu terjadinya radang sendi. Karena efek mengeluarkan zat dalam tubuh daun jati cina bisa saja malah mengeluarkan zat yang dibutuhkan tubuh, sehingga malah akan berdampak pada melemahnya otot. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here