Amnesia

Amnesia merupakan kondisi yang merujuk pada hilangnya memori, seperti fakta-fakta, informasi dan pengalaman. Plot umum amnesia di film dan televisi biasanya orang dengan amnesia tidak tahu dirinya sendiri, tapi di dunia nyata amnesia umumnya tidak menyebabkan hilangnya identitas diri. Orang dengan amnesia (sindrom amnestik) biasanya berpikir jernih dan tahu siapa mereka, tetapi mungkin memiliki kesulitan belajar informasi baru dan membentuk ingatan baru.

Amnesia dapat disebabkan oleh kerusakan daerah otak yang vital yang berfungsi untuk pemrosesan memori. Transient global amnesia hanya menyebabkan hilang ingatan sementara, sedangkan amnesia dapat bersifat permanen. Tidak ada pengobatan spesifik untuk amnesia, tapi teknik untuk meningkatkan ingatan dan dukungan psikologis dapat membantu penderita amnesia.

Gejala

Dua ciri utama amnesia adalah:

  • Gangguan kemampuan untuk mempelajari informasi baru setelah terjadinya amnesia (anterograde amnesia)
  • Gangguan kemampuan untuk mengingat peristiwa masa lalu dan informasi yang sebelumnya familiar (retrograde amnesia)

Sebagian besar penderita amnesia memiliki masalah dengan memori jangka pendek dan mereka tidak dapat menyimpan informasi baru. Ingatan terakhir kemungkinan besar akan hilang, sedangkan kenangan masa lalu mungkin masih dapat diselamatkan. Seseorang bisa mengingat kembali pengalaman dari masa kanak-kanak atau mengetahui nama-nama presiden di masa lalu, tetapi tidak dapat menyebutkan nama presiden sekarang.  Hilangnya memori yang terisolasi tidak mempengaruhi kecerdasan, pengetahuan umum, kesadaran, rentang perhatian, penilaian, kepribadian atau identitas seseorang. Penderita amnesia biasanya bisa memahami tulisan atau ucapan dan dapat mempelajari keterampilan seperti bersepeda atau bermain piano. Mereka mungkin memahami bahwa mereka memiliki gangguan memori.

Amnesia tidak sama dengan dementia. Gejala dementia umumnya ditandai dengan hilang ingatan, tetapi juga melibatkan masalah kognitif penting lainnya yang mengarah pada penurunan kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Pola kelupaan juga merupakan gejala umum dari mild cognitive impairment (MCI) atau gangguan kognitif ringan, tapi memori dan masalah kognitif lainnya dalam MCI tidak separah yang dialami di dementia. Orang yang terkena amnesia juga dapat mengalami rekoleksi yang salah (konfabulasi) dan kebingungan atau disorientasi.

Kapan harus ke dokter?

Setiap orang yang mengalami hilang ingatan tanpa sebab yang jelas, luka kepala, kebingungan atau disorientasi memerlukan penanganan medis segera. Orang yang terkena amnesia mungkin tidak dapat mengidentifikasi dimana dia berada dan tidak ada pikiran untuk mencari perawatan medis. Jika seseorang yang Anda kenal memiliki gejala amnesia, maka bantulah orang tersebut untuk mendapatkan perawatan medis.

Penyebab

Fungsi memori normal melibatkan banyak bagian otak, dan penyakit atau cedera yang mempengaruhi otak dapat mempengaruhi kerumitan memori. Amnesia bisa disebabkan oleh kerusakan struktur otak yang membentuk sistem limbik, yang mengendalikan emosi dan memori. Struktur ini meliputi thalamus yang terletak jauh di dalam pusat otak Anda dan formasi hipokampus yang terletak dalam lobus temporal otak Anda.

Amnesia disebabkan oleh cedera atau kerusakan otak dikenal sebagai amnesia neurologis. Penyebab amnesia neurologis antara lain:

  • Stroke
  • Radang otak (ensefalitis) sebagai akibat dari infeksi virus seperti herpessimplex virus, sebagaireaksi autoimunterhadapkankerdi tempat laindalam tubuh (paraneoplastic ensefalitislimbik), atau sebagaireaksi autoimundengan tidak adanya kanker
  • Kurangnya ketersediaan oksigen yang disebabkan serangan jantung, gangguan pernapasan atau keracunan karbon monoksida
  • Penyalah gunaan alkohol jangka panjang yang mengarah ke defisi ensithiamin (vitamin B-1) atau disebut Wernicke-Korsak off syndrome
  • Tumor di bagian otak yang mengendalikan memori
  • Penyakit otak degeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia
  • Kejang
  • Obat-obat tertentu, seperti benzodiazepin

Cedera kepala yang menyebabkan gegar otak baik akibat kecelakaan mobil atau olahraga dapat menyebabkan kebingungan dan masalah dalam mengingat informasi baru. Hal ini sering terjadi pada tahap awal pemulihan setelah kecelakaan. Tapi cedera kepala biasanya tidak menyebabkan amnesia parah.

Jenis amnesia lain yang jarang terjadi adalah amnesia disosiatif (psikogenik). Amnesia ini bermula dari kondisi shock emosional atau trauma, seperti menjadi korban kejahatan atau kekerasan. Pada kondisi amnesia ini, seseorang mungkin kehilangan memori pribadi dan informasi autobiografi, tetapi biasanya hanya sebentar.

Faktor resiko

Anda beresiko terkena amnesia jika Anda pernah mengalami:

  • Operasi otak, luka kepala atau trauma
  • Stroke
  • Kejang
  • Penyalahgunaan alkohol

Komplikasi

Ruang lingkup dan tingkat keparahan amnesia ada bermacam-macam. Amnesia ringan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dan kualitas hidup karena dapat menyebabkan masalah di tempat kerja, di sekolah dan di lingkungan sosial. Memori yang hilang tidak mungkin untuk dikembalikan. Beberapa orang dengan masalah memori parah perlu mendapatkan pengawasan dan perawatan jangka panjang.

Tes dan diagnosa

Untuk mendiagnosa amnesia, dokter akan melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk mengidentifikasi kemungkinan penyebab lain seperti penyakit Alzheimer, bentuk-bentuk lain dari dementia, depresi atau tumor otak.

Riwayat medis

Evaluasi dimulai dengan melihat riwayat medis secara rinci. Karena orang yang hilang ingatan mungkin tidak dapat memberikan informasi yang menyeluruh, anggota keluarga atau teman dapat mengambil bagian dalam wawancara.

Dokter akan mengajukan banyak pertanyaan untuk memahami hilangnya memori. Masalah yang mungkin dibahas meliputi:

  • Jenisamnesia, baru atau jangka panjang
  • Kapan masalah memori tersebut muncul dan bagaimana gejala berkembang
  • Faktor pemicu seperti luka kepala, stroke atau operasi
  • Riwayat medis keluarga, terutama penyakit neurologis
  • Pemakaian narkoba dan alkohol
  • Tanda dan gejala lain seperti seperti kebingungan, masalah bahasa, perubahan kepribadian atau gangguan kemampuan untuk merawatdiri
  • Riwayat kejang, sakit kepala, depresi atau kanker

Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik mungkin melibatkan pemeriksaan saraf untuk memeriksa refleks, fungsi sensorik, keseimbangan, dan aspek fisiologis lain dari otak dan sistem saraf.

Tes kognitif

Dokter akan menguji pemikiran penilaian, dan memori jangka panjang seseorang yang baru-baru ini terjadi. Dia akan menguji pengetahuan seseorang tentang informasi umum, informasi pribadi dan peristiwa masa lalu. Evaluasi memori dapat membantu menentukan tingkat kehilangan memori dan memberikan pemahaman bantuan apa yang seseorang perlukan.

Tes diagnostik

Tes olah gambar seperti MRI atau CT scan mungkin dilakukan untuk mencari kerusakan atau kelainan di otak. Tes darah dapat memeriksa infeksi, kekurangan gizi atau masalah lainnya. Electroencephalogram juga mungkin dilakukan untuk mengidentifikasi adanya aktivitas kejang.

Perawatan dan pengobatan

Pengobatan amnesia berfokus pada teknik dan strategi untuk membantu memperbaiki masalah memori.

  • Terapi okupasi: Orang dengan amnesia dapat bekerja sama dengan seorang ahli terapi okupasional dalam mempelajari atau menggantikan apa yang hilang, atau menggunakan kenangan utuh sebagai dasar untuk mengambil informasi baru. Pelatihan memori mungkin mencakup berbagai strategi untuk mengatur informasi sehingga lebih mudah untuk diingat dan untuk meningkatkan pemahaman percakapan yang lebih luas.
  • Bantuan teknologi: Banyak orang dengan amnesia merasa terbantu dengan menggunakan teknologi pintar, seperti smartphone atau perangkat tablet genggam. Dengan beberapa pelatihan dan praktek, bahkan penderita amnesia parah dapat menggunakan teknologi dalam melakukan aktivitas harian. Sebagai contoh, smartphone dapat diprogram untuk mengingatkan waktu minum obat dan mengingat peristiwa penting
  • Obat-obatan atau suplemen: Sampai saat ini, belum ada obat yang tersedia untuk untuk mengobati sebagian besar jenis amnesia. Amnesia yang disebabkan oleh sindrom Wernicke-Korsakoff berkaitan dengan kurangnya thiamin. Pengobatan dapat dilakukan dengan penggantian vitamin dan memberikan nutrisi yang tepat. Tapi memori yang hilang kemungkinan tidak dapat kembali.

Para peneliti sedang menyelidiki beberapa neurotransmitter yang terlibat dalam pembentukan memori, yang mungkin suatu hari nanti dapat dijadikan pengobatan baru untuk gangguan memori. Tapi kompleksitas proses otak yang terlibat membuat tidak mungkinnya pengobatan tunggal mampu mengatasi masalah memori.

Penanganan dan dukungan

Hidup dengan amnesia bisa membuat frustasi bagi penderita maupun keluarga atau teman. Penderita amnesia parah mungkin memerlukan bantuan langsung dari keluarga, teman atau pengasuh profesional. Akan sangat membantu jika Anda mempunyai teman berbagai yang dapat memahami apa yang Anda lalui dan dapat memberikan saran atau tips tentang hidup dengan amnesia. Jika penyebab yang mendasari amnesia telah diidentifikasi, Anda mungkin dapat mencari organisasi atau kelompok swadaya yang dapat memberi Anda dukungan informasi tambahan mengenai amnesia.

Pencegahan

Karena kerusakan otak dapat menjadi akar dari amnesia, maka sangatlah penting untuk mengambil langkah-langkah meminimalkan resiko cedera otak. Contohnya:

  • Menghindari konsumsi alkohol berlebih
  • Menggunakan helm atau sabuk pengaman ketika berkendara
  • Mengobati infeksi apapun dengan cepat agar tidak menyebar ke otak
  • Carilah perawatan medis segera jika Anda memiliki gejala yang menunjukkan stroke atau aneurisma otak seperti sakit kepala parah dan mati rasa atau kelumbuhan parsial.